Naik LRT Jabodebek Bisa Pakai LinkAja di 18 Stasiun

Tcash menjadi LinkAja.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - PT KAI (Persero) selaku operator LRT Jabodebek menggandeng PT Fintek Karya Nusantara (pemilik LinkAja) sebagai salah satu mitra pembayaran. Dengan kerja sama itu, pembayaran LRT di 18 stasiun bisa dilakukan melalui LinkAja. 

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Direktur Utama LinkAja, Yogi Rizkian Bahar mengatakan, LinkAja bersama KAI selaku operator LRT Jabodebek memastikan aplikasi LinkAja dapat digunakan sebagai salah satu moda pembayaran untuk moda transportasi LRT Jabodebek yang beroperasi di 18 stasiun. Seperti stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya. 

"Di hari pertama beroperasi kemarin (28/8), Stasiun Dukuh Atas menjadi stasiun terbanyak yang diakses pengguna LinkAja, dengan lebih dari 60 persen pengguna melakukan transaksi masuk (gate in) dan keluar (gate out) menggunakan LinkAja. Sementara untuk stasiun terbanyak kedua adalah stasiun Harjamukti untuk transaksi masuk (gate in) dan stasiun Kuningan untuk transaksi keluar (gate out)," kata Yogi dalam keterangannya Selasa, 29 Agustus 2023. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Yogi menuturkan, LinkAja sebagai uang elektronik yang lahir dari sinergi BUMN siap mendukung mobilitas masyarakat Jakarta, dan sekitarnya dengan layanan LRT Jabodebek. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

"Kami memastikan kesiapan operasional LinkAja sebagai mitra pembayaran digital pertama dapat digunakan di seluruh stasiun dalam menyambut antusias masyarakat yang tinggi menggunakan LRT Jabodebek. Ke depannya LinkAja akan terus berinovasi dalam memperluas penggunaan transaksi digital di berbagai ekosistem, menghubungkan masyarakat melalui teknologi pembayaran yang inklusif dan mewujudkan visi Satukan Potensi Indonesia," ujarnya. 

Yogi memaparkan, masyarakat dapat menggunakan saldo LinkAja dan LinkAja Syariah sebagai uang elektronik untuk pembayaran ongkos LRT Jabodebek dalam waktu kurang dari dua detik.

Adapun untuk cara pembayaran menaiki LRT melalui aplikasi LinkAja sebagai berikut:

1. Buka aplikasi LinkAja, pastikan saldo mencukupi hingga rute terjauh
2. Goyangkan (shake) ponsel sampai muncul kode tiket
3. Scan kode tiket pada mesin scanner pada gate masuk LRT dan tunggu sampai gate 
terbuka
4. Pada stasiun tujuan, scan kembali kode tiket pada mesin scanner di gate keluar
5. Cek kembali saldo LinkAja, saldo akan terpotong sesuai biaya perjalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya