ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

Ilustrasi truk tambang
Sumber :
  • ABB

Jakarta – ExxonMobil menjadikan sektor pertambangan yang sedang tumbuh di Indonesia sebagai salah satu fokus bisnis. Saat ini industri pertambangan di Indonesia diakui sedang mengalami transformasi yang pesat. 

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Industri pertambangan Indonesia disebut merupakan salah satu pilar ekonomi terpenting dan memiliki prospek jangka panjang berkat sumber daya alam yang melimpah. 

Menurut Presiden Direktur ExxonMobil Lubricants Indonesia, Syah Reza, sektor pertambangan dengan potensi pertumbuhannya perlu mengatasi dampak lingkungan dan tantangan efisiensi. Terutama dalam mencapai keunggulan operasional, lanjut dia, pemilihan pelumas yang tepat, dapat membantu bisnis meningkatkan keselamatan operasional, memaksimalkan produktivitas, dan menjadi lebih ramah lingkungan.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Ia mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung industri pertambangan dengan menawarkan berbagai solusi pelumasan demi meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan kegiatan operasi bagi para pelaku industri.

"Sebagai mitra industri, kami berdiri berdampingan dengan para pelaku industri dalam merevolusi praktik pertambangan demi masa depan produktivitas yang keberlanjutan," katanya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 September 2023.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

Ilustrasi truk tambang

Photo :
  • Greencarreports

Produk besutannya yaitu gemuk Mobilgrease XHP™ 460 Series yang ditujukan untuk berbagai macam aplikasi tugas berat dan kondisi pengoperasian sudah terbukti mampu menjadi solusi pelumasan yang efektif bagi bisnis pertambangan yang beroperasi di Indonesia. 

Ia menjelaskan, lewat produk tersebut ExxonMobil menyediakan teknologi pelumasan untuk melindungi peralatan pertambangan yang berfungsi dalam kondisi ekstrem, untuk membantu mengurangi biaya pemeliharaan dan meningkatkan produktivitas peralatan.

"Selanjutnya, kami akan tetap berfokus mendukung pemerintah dan potensi pertambangan seiring dengan pertumbuhan ekonomi," katanya.

Seperti diketahui, Gemuk Mobilgrease XHP™ 460 adalah gemuk litium kompleks awet yang ditujukan untuk beragam aplikasi dan kondisi operasi tugas berat termasuk aktivitas di industri pertambangan. Gemuk ini dirancang untuk memiliki performa lebih baik dibandingkan produk konvensional dengan menggunakan teknologi produksi litium kompleks performa tinggi. 

Tahan Temperatur Tinggi

Produk ini diformulasikan untuk memberikan performa ketahanan terhadap temperatur tinggi yang sangat baik dengan sifat adhesi, kestabilan struktural, dan ketahanan terhadap kontaminasi air yang sangat baik. Gemuk ini memiliki stabilitas kimia tingkat tinggi dan menawarkan perlindungan yang sangat baik terhadap karat dan korosi. 

Ia menjelaskan, Gemuk Mobilgrease XHP 460 Series menawarkan beberapa pilihan, termasuk Gemuk Mobilgrease XHP™ 461 yang cocok digunakan pada aplikasi industri dan kelautan, komponen sasis, dan peralatan pertanian. Produk ini memiliki performa yang sangat baik pada suhu rendah untuk kopling jenis roda gigi fleksibel berkecepatan rendah. 

Selain itu, Gemuk Mobilgrease XHP™ 462 direkomendasikan untuk digunakan pada bantalan felt roll, bantalan wet roll, dan bantalan press roll. Produk ini juga merupakan gemuk serba guna yang baik digunakan pada pabrik secara umum. 

Karena itu, Mobilgrease XHP™ 462 Moly direkomendasikan untuk pin bucket dan roda kelima yang memberikan perlindungan ekstra ketika friksi sliding dan gerak osilasi dapat menyebabkan peluruhan lapisan oli, sehingga menyebabkan kontak antar logam.

Hasil Positif

Ia menjelaskan, penggunaan produk-produk tersebut telah memberikan hasil positif pada seluruh mitra perusahaan di Indonesia. Salah satunya adalah mitra kontraktor pertambangan di Tabang, Kalimantan Timur. 

Kontraktor pertambangan tersebut mengganti gemuk konvensional EP-2 sebelumnya dengan Mobilgrease XHP 462 Moly untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Alhasil, perusahaan kontraktor itu mampu mengurangi tingkat keausan dan memperpanjang umur pin dan bushing 3 kali lebih lama dari sebelumnya. 

Hal tersebut terbukti membantu pengurangan waktu perawatan sebesar 3.024 jam, pengurangan penggunaan gemuk sebesar 222.080 kilogram, dan potensi penghematan tahunan sebesar US$1.178.712. Itu juga membuktikan bahwa solusi pelumasan ExxonMobil secara signifikan mengurangi waktu pemeliharaan peralatan sekaligus meningkatkan produktivitas bagi perusahaan pertambangan lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya