ISEI Siapkan Rumusan Kebijakan untuk Jadi Rekomendasi ke Pemerintah

Ketua Umum ISEI yang juga Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Para Sarjana ekonomi yang tergabung di dalam Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) melalui kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) bakal menggelar 'Sidang Pleno ISEI XXIII' di Bengkulu pada 15 September 2023.

Gubernur BI Ungkap Tujuan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-2030

Ketua Umum ISEI yang juga Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, Sidang Pleno ISEI ke-23 ini akan mengusung tema 'Peran ISEI Memperkuat Sinergi untuk Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Menuju Indonesia Maju'.

Perry memastikan bahwa dalam Sidang Pleno ISEI ke-23 kali ini, pihaknya tidak hanya akan mengevaluasi program kerja sekaligus rencana kerja tahun depan semata, namun juga akan merumuskan kebijakan publik untuk direkomendasikan kepada pemerintah.

BI Ungkap Penyaluran Kredit Perbankan Maret 2024 Naik

"Kita juga akan merumuskan kebijakan publik sebagai masukan kepada pemerintah, untuk memperkuat sinergi demi ketahanan dan kebangkitan ekonomi menuju Indonesia maju," kata Perry dalam konferensi pers di Gedung BI, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 8 September 2023.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
BI Tegaskan Biaya Layanan QRIS 0,3 Persen Ditanggung Pedagang Bukan Konsumen

Selain mengundang para pengurus dan anggota ISEI, Perry mengatakan bahwa pihaknya juga akan mengundang kalangan akademisi dan masyarakat, yang terbuka untuk berpartisipasi dalam rangkaian acara tersebut.

"Khususnya dalam kegiatan seminar dan call for papers, baik (akademisi) dari dalam dan luar negeri yang juga akan hadir menyampaikan kontribusi-kontribusi di bidang akademik," ujarnya.

Selain itu, tujuan lain dari rangkaian kegiatan Sidang Pleno ISEI ke-23 dan Seminar Nasional 2023 ini, antara lain yakni sebagai ajang pertanggungjawaban kegiatan kepengurusan ISEI untuk masa anggaran dan program kerja pada tahun 2023.

Tak ketinggalan, rangkaian acara tersebut juga bertujuan meningkatkan silaturahim antaranggota dan para pengurus ISEI di seluruh Indonesia. Serta memperkuat pengelolaan organisasi ISEI dalam mewujudkan visi sebagai organisasi yang berkontribusi nyata bagi perekonomian nasional, yang didukung oleh penguatan sinergi antar-pengampu kebijakan baik di pusat dan daerah.

"Juga untuk meningkatkan peran aktif ISEI dalam mendorong kapabilitas anggota, akademisi, dan periset di perguruan-perguruan tinggi, dalam menjawab berbagai tantangan serta dinamika pemulihan dan transformasi ekonomi nasional menuju Indonesia Maju," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya