Menko Airlangga Ungkap Ketetuaan KTT ASEAN Indonesia Hasilkan Kerangka Kerja Ekonomi Digital Kawasan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Kemenko Perekonomian

Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 menegaskan komitmen para negara anggota untuk memperkuat posisi kawasan tersebut menjadi epicentrum of growth. Untuk mewujudkan hal tersebut sejumlah kesepakatan pun tercipta. Salah satunya Digital Economy Framework Agreement.

Perusahaan Ini Berani Mengubah Model Teknologi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian airlangga Hartarto pun menegaskan, dalam kesepakatan kerangka kerja ekonomi digital tersebut salah satu yang tercipta dalam Ketetuaan ASEAN Indonesia tahun ini. Hal itu mencakup berbagai aspek.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Photo :
  • Dokumentasi Kemenko Perekonomian
Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

“Digital Economy Framework Agreement itu mencakup sebuah perjanjian yang sangat dalam mengenai digitalisasi, termasuk digital talent, kemudian digital ID, cyber security, retraining, reskilling, infrastructure, interoperability di ASEAN,” ujar Airlangga di Jakarta, dikutip Jumat, 8 September 2023.

“Jadi, salah satu juga yang menjadi andalan daripada epicentrum of Growth. Ini adalah masterplan yang dibuat di kepemimpinan Indonesia,” tambahnya.

InJourney Targetkan 50 Ribu Orang Kunjungi Borobudur saat Perayaan Waisak 2024

Airlangga menegaskan, tanpa kerangka kerja ini ekonomi digital di kawasan tidak dapat digenjot secara maksimal. ASEAN pun pada akhirnya hanya akan menjadi pasar.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia.

“Kalau tanpa ini, ekonomi digital di ASEAN  diperkirakan tahun 2030 adalah Rp 1 triliun, nah ini bisa meningkat menjadi Rp 2 triliun,” ungkapnya.

“Target perjanjian ini diharapkan akan diselesaikan di tahun 2025 dan drafting-nya sudah disiapkan, dan Thailand bertugas untuk mengikuti ini sampai 2025,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya