Impor Beras Sudah Masuk RI 1,59 Juta Ton, Thailand Mendominasi

Proses bongkar beras impor. (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, selama periode Januari-Agustus 2023 impor beras ke Indonesia sudah mencapai 1,59 juta ton. Di mana Thailand menjadi negara yang paling banyak melakukan impor.

Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengungkapkan, impor beras itu didominasi oleh jenis semi milied or wholly milled rice dengan share sebesar 88,52 persen.

"Impor beras menurut HS 8 digit Januari-Agustus 2023 adalah sebesar 1,59 juta ton, yang didominasi oleh semi milied or wholly milled rice dengan share sebesar 88,52 persen," ujar Amalia dalam konferensi pers Jumat, 15 September 2023.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Pemerintah Indonesia Bakal Impor Beras

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Amalia menjelaskan, berdasarkan negara asal impor beras terbesar sejak Januari-Agustus 2023, yakni Thailand dengan volume impor 802 ribu ton.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

"Impor beras Indonesia berasal dari Thailand dengan volume 802 ribu ton atau mencakup 50,36 persen dari total impor beras," jelasnya.

Adapun untuk negara kedua impor terbesar beras ke RI, yaitu Vietnam dengan volume sebesar 674 ribu ton. Dalam hal ini memberikan kontribusi sebesar 42,33 persen.

"Dan yang ketiga adalah impor beras yang berasal dari India dengan share sebesar 4,16 persen atau sebesar 66 ribu ton," terang Amalia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya