Topang Kinerja Keuangan, Investasi Digital Siloam Terus Ditingkatkan

Rumah Sakit Siloam.
Sumber :
  • Dokumentasi Siloam.

Jakarta – PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor pelayanan kesehatan, terus berinvestasi untuk meningkatkan kemampuan dan keterlibatan platform digital di industri kesehatan. Ini dilakukan untuk lebih meningkatkan pengalaman pasien dan juga terbukti mampu berkontribusi ke kinerja keuangan.

Pembiayaan Kendaraan Listrik Adira Finance Semakin Meningkat

"Tujuannya agar pasien mendapatkan layanan yang lebih prima dan terintegrasi," ujar Presiden Komisaris SILO sekaligus Group Chief Executive Officer (CEO) LPKR John Riady dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat, 15 September 2023. 

CEO Lippo Karawaci, John Riady.

Photo :
  • VIVA/Fikri
Cara Meningkatkan Cuan di Era Digital

Ia menegaskan, pihaknya berkomitmen meningkatkan layanan digital melalui aplikasi MySiloam untuk memberikan pelayanan yang terintegrasi terhadap pasien.

Peningkatan saluran digital MySiloam disebut turut mendorong SILO mencatatkan kinerja positif pada paruh pertama 2023. Kinerja SILO ini berimbas positif terhadap induk usahanya LPKR yang merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 58,05 persen.

Curhat UMKM Omzet Terdongkrak Pakai Layanan QRIS: Tak Bawa Cash Tetap Beli

Pendapatan Siloam Semester I-2023 Capai Rp 4,09 Triliun

Siloam Hospitals.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

SILO membukukan pendapatan sebesar Rp 4,09 triliun, naik 19,1 persen year on year (YoY) pada Semester I-2023. EBITDA juga tumbuh menjadi Rp 1,2 triliun, naik 47,6 persen YoY. Sementara itu, laba bersih Rp 516 miliar melonjak 142,5 persen YoY.

Volume Penerimaan Rawat Inap, Hari Rawat Inap, dan Rawat Jalan pada Semester I-2023 tercatat 142.961 pasien, 451.518 hari, dan 1.835.666 pasien, dan masing-masing tumbuh 33,7 persen, 22,7 persen, dan 29,9 persen dibandingkan dengan 1H-2022.

Saluran digital Siloam termasuk Aplikasi MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan nomor WhatsApp khusus. 

Saluran Digital Siloam termasuk Live Chats dan WhatsApp berkontribusi 19 persen atau sekitar 300.000 pemesanan terhadap total Kunjungan Rawat Jalan pada Semester I-2023. Per Juni 2023, aplikasi MySiloam telah diunduh lebih dari 1,7 juta pengguna. Rata-rata pengguna aktif bulanan mencapai 135.000 pasien dan rata-rata tingkat engagement lebih dari 77 persen.

Selama pandemi Covid-19 tercatat peningkatan yang signifikan dalam adopsi platform digital MySiloam dengan jumlah unduhan aplikasi yang terus meningkat. Saluran pasien digital Siloam telah dikonsolidasikan dan pasien sekarang dapat mengakses pemeriksaan dan pengujian medis. 

Aplikasi MySiloam juga memungkinkan pasien untuk membuat janji temu dan mendapatkan keuntungan yang signifikan mengenai informasi tentang daftar lengkap perawatan yang tersedia di Rumah Sakit Siloam

Selain layanan teleconsultation dengan MySiloam App, SILO menyediakan layanan homecare untuk pasien yang secara fisik tidak dapat datang mengunjungi dokter. Dengan fasilitas ini, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter Siloam dalam kenyamanan rumah mereka. Kemampuan layanan digital Siloam seperti express check-out, rekam medis digital, laboratorium digital dan radiologi digital, tele-chat dan tele-konsultasi telah mempertahankan posisi SILO sebagai terdepan di industri kesehatan. 

SILO saat ini mengoperasikan 41 rumah sakit yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya