Ke Pasar Jatinegara, Jokowi: Harga Bawang Turun, Cuma Beras Naik Sedikit

Presiden Jokowi Tinjau Komoditas Pangan di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo, meninjau Pasar Bali Mester Jatinegara, Jakarta Timur pada Selasa, 19 September 2023. Menurut dia, harga yang mengalami kenaikan adalah beras. Tetapi harga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang, relatif baik.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

“Ya baik. Harga terkait bawang merah turun, bawang putih juga turun. Hanya satu memang masih beras,” kata Presiden Jokowi.

Kata Jokowi, pemerintah bersama Bulog sudah melakukan operasi pasar dengan menggelontorkan ke ritel-ritel, termasuk Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur. Itu dilakukan oleh pemerintah, agar harga beras tetap stabil.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

“Kita harapkan mungkin dalam dua minggu, tiga minggu ini akan mulai dipasarkan, sudah mulai turun. Meskipun memang sudah turun sedikit. Kita harapkan turun dan kembali normal karena stoknya ada,” ujarnya.

Kepala Negara menyebut, ketersediaan stok beras nasional saat ini 1,6 juta ton, dan dalam perjalanan masih sekitar 400 ribu ton beras. Artinya, lanjut dia, stok beras nasional tersedia hampir 2 juta ton.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

“Itu pun masih akan kita tambah lagi 1 juta untuk memastikan bahwa stoknya itu ada, sehingga kita tidak khawatir terhadap karena kekeringan produksi turun. Ada stoknya,” jelas dia.

Sementara, Jokowi mengatakan penyebab terjadinya krisis karena perubahan iklim sehingga beberapa negara dunia juga mengalami hal yang sama. Bahkan, kata dia, belasan negara menghentikan ekspor beras akibat perubahan iklim tersebut.

“Ya (penyebabnya) super elnino, kekeringan. Dan, banyak negara 19 negara sudah menyetop ekspor beras,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya