Diyakini Bisa Tembus Pasar Internasional, Ini 10 UKM RI yang Mejeng di China ASEAN Expo

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat menghadiri China ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

Jakarta – PT Pertamina (Persero) membawa produk-produk unggulan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) hasil binaannya pada Paviliun Indonesia di China ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20 di Nanning, Tiongkok. Tujuannya tak lain adalah untuk memfasilitasi peluang kerja sama dari pasar Asia, kepada para UKM tersebut.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Sebanyak 10 UKM binaan terpilih itu menampilkan lebih dari 70 produk khas Indonesia, yang berkualitas dan ramah lingkungan. Kesepuluhnya antara lain yakni Woodeco, Move Leather, Bali Ayu, D’ethnick Mutiara Lombok, Indang Apang Gallery, Ethneeq, Akar Dewa Jati, Logok Kreatif, Bahalap, dan Pesona Handicraft Indonesia.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin berharap, produk Indonesia bisa semakin dikenal oleh dunia Internasional, sehingga dapat terjalin kerja sama berkelanjutan dan membuka akses ke pasar internasional.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

"Ini merupakan satu bukti bahwa CAEXPO merupakan kolaborasi promosi perdagangan, untuk terus membawa hasil konkret dan positif bagi pebisnis Indonesia, ASEAN, dan Tiongkok," kata Ma'ruf dikutip dalam keterangan resmi Pertamina, Selasa, 19 September 2023.

Ilustrasi Bisnis UMKM.

Photo :
  • Dok. Istimewa
GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Forum China ASEAN Expo tersebut menggelar beragam agenda, salah satunya yakni promotion conference. Di mana Pertamina berkesempatan untuk mempresentasikan produk unggulan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya dan Seruyan.

Seperti Indang Apang Galeri, sebagai salah satu UMKM RB yang menjadikan rotan sebagai bahan baku utama. Mereka berharap dapat menjadikan olahan rotan sebagai trendsetter fashion, sehingga pada akhirnya berdampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyambut baik keterlibatan UKM di China ASEAN Expo 2023. Selain membangun pasar internasional, pelaku UKM berpotensi menjalin kerja sama bisnis dengan mitra potensial.

"Pertamina melihat potensi dan peluang UKM untuk go internasional sangat besar, sehingga kesempatan UKM untuk masuk ke pasar ekspor terbuka lebar. Produk kreatif karya anak bangsa dapat bersaing dengan produk di lingkup regional maupun internasional, karena memiliki kualitas yang tidak kalah," ujarnya.

Sebagai informasi, pameran internasional merupakan salah satu langkah konkret Pertamina mewujudkan kemajuan UKM binaannya, seperti misalnya melalui CAEXPO tersebut. Program peningkatan UKM ini juga menjadi komitmen Pertamina, dalam mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Indonesia.

Antara lain yakni dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG's), sejalan dengan penerapan Enviromental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya