Garuda Indonesia dan Capital A Sepakati Kerja Sama Perluas Jaringan Rute Citilink-AirAsia

Kerja sama antara Capital A dan Garuda Indonesia Group perluas jaringan rute Citilink-AirAsia.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Garuda Indonesia bersama induk usaha maskapai AirAsia, yakni Capital A, meneken nota kesepahaman (MoU) pada sejumlah kemitraan strategis. Kemitraan itu antara lain berfokus pada perluasan jaringan di lini usaha jasa penerbangan komersial berbiaya hemat, yakni AirAsia dan Citilink.

Heboh AC Pesawat Panas, Otoritas Bandara Gelar Ramp Check di Kualanamu

Ada pula kemitraan dalam usaha layanan logistik, yakni Teleport dan Garuda Indonesia Cargo, hingga layanan Maintenance Repair and Overhaul (MRO) antara Asia Digital Engineering (ADE) milik Capital A dan GMF AeroAsia selaku anak usaha Garuda Indonesia Group.

President & Chief Executive Officer (CEO) Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, kolaborasi ini menjadi penanda penting terhadap optimisme outlook industri aviasi, yang bergerak semakin progresif.

Garuda Indonesia Group Terbangkan 82 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Mudik 2024

"Kami percaya pascapandemi, kolaborasi bersama ekosistem aviasi menjadi sebuah keniscayaan untuk terus dioptimalkan," kata Irfan di kawasan PIK, Jakarta Utara, Rabu, 27 September 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra

Photo :
  • MCH 2022
Garuda Indonesia Bakal Gabung ke InJourney Oktober 2024, Ini Harapan Dirut

Berangkat dari komitmen tersebut, Irfan berharap kolaborasi bersama dengan Capital A ini tidak hanya dapat memberikan pondasi outlook bisnis yang semakin solid bagi kedua perusahaan. Namun juga dapat memperkuat komitmen bersama, dalam menghadirkan nilai tambah layanan penerbangan terbaik bagi masyarakat.

Irfan menekankan, berbagai inisiatif yang dilaksanakan Garuda Indonesia Group melalui kolaborasi bersama berbagai mitra strategis, termasuk Capital A, menjadi sebuah manifestasi bagi komitmen perusahaan untuk terus tumbuh bersama menghadirkan ekosistem usaha industri aviasi yang semakin agile dan adaptif.

"Terutama dalam menjawab tantangan kinerja industri penerbangan global serta menghadirkan greater impact atas keberadaan pelaku sektor aviasi bagi masyarakat dunia," ujarnya.

Diketahui, pilar pertama dari kemitraan transformasional ini adalah MoU interlining antara AirAsia dengan Citilink, yang ditandatangani oleh CEO Grup AirAsia, Bo Lingam, dan CEO Citilink, Dewa Kadek Rai. Hal itu sekaligus menandai layanan interline perdana bagi Grup Maskapai AirAsia. Kerja sama ini siap memberikan akses tanpa batas bagi para pelaku perjalanan udara ke berbagai kota di Indonesia.

Memanfaatkan sedikitnya 50 destinasi domestik yang dijangkau Citilink serta 150 destinasi internasional milik AirAsia di Asean, peluncuran perdana pada rute-rute pilihan antara kedua maskapai direncanakan mulai beroperasi pada kuartal I-2024.

Layanan yang terintegrasi ini akan memberikan pengalaman proses transfer yang lebih mudah dan nyaman bagi para pelaku perjalanan udara, dengan proses check-in bagasi dan penerbitan boarding pass cukup dari kota keberangkatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya