Ini Alasan Luhut Tunjuk Bule Awasi Proyek IKN

Pembangunan IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan penjelaskan soal Pemerintah yang menggunakan tenaga kerja asing dalam melakukan pengawasan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini sempat dikritik dan membuat heboh. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Banyak yang kritik saya kenapa pakenya tenaga asing (awasi proyek IKN)? Ya enggak ada emang (tenaga kerja lokal), kalau satu orang emang ada, tapi kalau 20, 100, 500 orang kita belum punya," jelasnya, Jumat, 29 September 2023.

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • Antara.
Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Untuk itu, Luhut menjelaskan, pendidikan untuk sumber daya manusia sangat diperlukan. Bahkan hingga ke pelosok negeri.  "Sekarang kita buat politeknik di beberapa daerah ini, sehingga pendidikan mendorong anak-anak kita," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Luhut menunjuk warga negara asing (WNA) alias bule, untuk menjadi pengawas proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Penanganan jalan menuju IKN Nusantara dari Kabupaten Penajam Paser Utara mulai dilaksanakan.

Photo :
  • Antara

Luhut mengaku terpaksa menunjuk bule sebagai pengawas agar proyek IKN dapat berjalan sesuai rencana dan kualitasnya terjamin. Penunjukan bule sebagai pengawas juga sudah dilaporkan Luhut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kualitas pekerjaan menjadi kunci. Saya lapor ke Presiden, pengawas secara terpaksa dengan segala hormat kita pakai bule untuk kualitas. Jadi, jangan sampai Istana Presiden jadi tapi kualitasnya tidak bagus," kata Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya