Keluhan Pedagang Online Gagara TikTok Shop Ditutup: Banyak Pengangguran

TikTok Shop
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – TikTok Shop resmi ditutup di Indonesia, sejak Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Pedagang dan pembeli kini tidak bisa lagi melakukan transaksi jual-beli di platform tersebut.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Dalam situs resminya, TikTok Indonesia mengatakan keputusan mencabut fitur TikTok Shop di Tanah Air karena mematuhi peraturan yang berlaku.

Pemerintah melalui Permendag 31 Tahun 2023 melarang media sosial berperan ganda sebagai e-commerce. Kini pedagang hanya bisa memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan jualannya, dan tidak boleh ada transaksi di dalam aplikasi tersebut.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Kenapa ditutup, padahal TikTok Shop disebut telah membantu UMKM berjualan di masa digital ini. Beberapa pedagang mengeluh dengan ditutupnya TikTok Shop, dikatakan bakal banyak pengangguran

Sebab, beberapa diantaranya berprofesi sebagai host TikTok Shop ataupun affiliasi. Juga, pedagang online juga telah merekrut beberapa karyawan karena banyaknya orderan semenjak adanya TikTok Shop.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Salah satu pedagang online yang mengeluh dengan ditutupnya TikTok Shop ini yaitu Asrinda Basri. Ia mengaku sedih, sebab TikTok Shop membawa berkah banyak orang.

“Sebenarnya cukup sedih sih, karena aku main TikTok Shop ini udah dari tahun 2021 sampai sekarang. Sedih banget. Kenapa sih TikTok Shop harus sampai ditutup, karena kan TikTok Shop membawa berkah banyak orang,” ujarnya, dikutip VIVA Kamis, 5 Oktober 2023.

Pedagang ngeluh TikTok Shop ditutup

Photo :
  • Tangkapan layar

“Gimana aku mau jualan gaes? Apakah aku harus pulang kampung ke Kalimantan?” imbuhnya.

Sementara itu penjual kue Bunda Cakra Cookies juga mengeluhkan ditutupnya TikTok Shop. Ia menyebut jika kebijakan ini malah akan berdampak banyaknya pengangguran di Indonesia.

“Terimakasih pa katas kebijakannya. Sekarang dampaknya 20 karyawan kami dirumahkan, thanks TikTok,” ujar akun TikTok @bundacakra_cookies.

“Percayalah akan semakin banyak tingkat pengangguran di negeri ini,” imbuhnya.

Pedagang ngeluh TikTok Shop ditutup

Photo :
  • Tangkapan layar

Anggen Store, juga merasakan hal yang sama. Ia mengeluh ketika TikTok Shop harus ditutup. Dalam videonya, ia terlihat sedih mendengar kabar itu.

TikTok Shop tutup, aku penggangguran. Terimakasih karena telah menutup tanpa solusi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya