Produk UMKM Bakal Go Global Dijual Pakai Vending Machine BUMN

Stafsus Menteri BUMN Arya Sinulingga.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan komitmen untuk terus mendukung pengembangan bisnis para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Supaya ke depannya mereka bisa semakin naik kelas bahkan mendunia (go global).

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, sejumlah upaya yang telah dilakukan antara lain yakni memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM, untuk berjualan di kawasan rest area milik BUMN dan SPBU-SPBU Pertamina.

Bahkan, Arya menegaskan jika upaya Kementerian BUMN juga telah mendorong produk unggulan UMKM Indonesia, agar bisa berjualan di vending machine yang terletak di titik-titik strategis milik BUMN. Di mana, saat ini beberapa vending machine juga sudah tersedia di 6 lokasi, yakni Kementerian BUMN, Stasiun Gambir, Stasiun Juanda, serta Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Reverse Vending Machine atau Mesin Penukaran Botol plastik pasca konsumsi

Photo :
  • Istimewa

"Kita akan dorong (UMKM untuk bisa berjualan) sampai ke vending machine, yang kita akan buat di beberapa kantor BUMN," kata Arya dalam telekonferensi di webinar 'BNI Angkat UMKM Go Global', Jumat, 6 Oktober 2023.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Dengan langkah tersebut, Arya memastikan bahwa ke depannya akan banyak kantor-kantor BUMN yang turut menjual produk-produk para UMKM melalui vending machine. Sehingga, apabila langkah tersebut ke depannya semakin berkembang dengan baik, maka tak menutup kemungkinan bahwa produk UMKM juga akan dijual melalui vending machine di luar negeri.

"Nantinya, kalau ini berhasil, kita akan coba juga bikin vending machine (berisi produk UMKM) di luar negeri," ujar Arya.

Arya mengatakan, inovasi penjualan produk UMKM via vending machine itu merupakan langkah lebih lanjut, dari upaya pemberian ruang berjualan di rest area milik BUMN dan SPBU-SPBU Pertamina. Hal itu bertujuan memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM, untuk memasarkan produknya di aset-aset milik BUMN.

Gedung Kementerian BUMN.

Photo :
  • Wikagedung.co.id

"Sekarang rest area-rest area yang dimiliki oleh BUMN juga kami manfaatkan, sampai di SPBU-SPBU Pertamina pun akan kita buka ruang bagi kawan-kawan UMKM agar bisa berjualan langsung di sana," ujarnya.

Sebagai informasi, sampai saat ini produk-produk UMKM sudah bisa ditemui di rest area KM 88 Cipularang, yakni di tenant Belah Doeren dengan partisipan Telkom dan Jasa Marga. Lalu ada pula di rest area KM 234 Trans Sumatera, yakni di tenant Gade Coffee yang diinisiasi PT Bukit Asam dan Hutama Karya. Ke depannya, pada November 2023 akan ada tenant Kopi Kenangan, yang dibuka di SPBU Pertamina 34.129.02 di Jalan Gatot Subroto Kav. 54, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya