Kunker ke China dan Arab Saudi, Jokowi Targetkan Ini

Rakernas Projo VI, Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Beijing, China dan Arab Saudi pada Senin, 16 Oktober 2023. Rencananya, Jokowi akan bertemu Presiden Xi Jinping dan Putera Mahkota Arah Saydi, Pangeran Muhammad bin Salman (MBS).

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Presiden Jokowi berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

“Hari ini saya dan delegasi melakukan kunjungan kerja ke Beijing, RRT dan Riyadh, Kerjaaan Arab Saudi,” kata Jokowi.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Menurut dia, dua acara besar di Beijing pada 17 dan 18 Oktober 2023, yaitu kunjungan bilateral dan bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan hadir di belt and road forum international cooperation yang ketiga.

Belt and road forum ini adalah program andalan Pemerintah China, di mana Beijing berinvestasi membangun infrastruktur negara lainnya. Saat ini, sudah sekitar 150 negara termasuk Indonesia yang ikut serta dalam proyek tersebut.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping

Photo :
  • japantimes.co.jp

Selain pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping, Jokowi juga akan bertemu dan Perdana Menteri RRT dan Ketua Parlemen RRT. “Sejumlah isu prioritas yang kita bahas dengan RRT antara lain peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi dan pembangunan ketahanan pangan,” ujarnya.

Pada 18 Oktober, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Riyadh, Kerajaan Arab Saudi untuk melakukan kunjungan resmi, bersama Putera Mahkota, Perdana Menteri Arab Saudi dan memimpin KTT pertama ASEAN GCC (Gulf Cooperation Council).

Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman alias MBS.

Photo :
  • Bandar Aljaloud/Saudi Royal Palace via AP, File

“Sejumlah kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi akan saya bahas antara lain peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi, penjaminan produk halal, energi serta pembentukan dewan koordinasi tertinggi. Pada 21 Oktober, Insya Allah saya dan rombongan terbatas akan sampai di Indonesia,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya