Bank Ini Genjot Produktivitas Bisnis dengan Jaga Mental Health Karyawan

ilustrasi suku bunga bank
Sumber :

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) memastikan terus berupaya menggenjot peningkatan produktivitas karyawan. Salah satunya dengan mengembangkan lingkungan kerja yang nyaman melalui berbagai program untuk menjaga kesehatan mental para karyawannya.

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Direktur Human Capital, Compliance & Legal Bank BTN Eko Waluyo mengatakan, dengan cara itu kinerja karyawan bisa lebih produktif dan akhirnya menggenjot kinerja perusahaan.

“Kami melihat mental health karyawan yang tercipta dari lingkungan kerja yang nyaman itu sangat penting bagi produktivitas karyawan. Banyak inisiatif yang telah kami lakukan, terakhir employee assistance program yang dapat menampung keluh kesah karyawan terkait permasalahan yang dihadapi,” ujar Eko di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. 

PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik

Aplikasi BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Eko menegaskan, pentingnya menjaga mental health karyawan tersebut karena saat ini BTN memiliki potensi besar dengan komposisi karyawan yang didominasi generasi milenial atau mencapai 85 persen. Untuk itu, BTN pun aktif menggelar seminar terkait kesehatan mental, salah satunya acara Mental Health Talk dalam peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan pembicara Ahli Paliatif dari RSUD Soetomo, dr. Agus Ali Fauzi.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Untuk menjaga produktivitas para karyawan tersebut, Eko juga mengungkapkan perlunya menerapkan kebijakan yang mendukung lingkungan kerja agar semua karyawan saling menghormati. BTN sangat menentang tindakan atau perbuatan yang tergolong pelecehan seksual dan memecah belah persatuan yang terkait dengan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). 

 "Respectful Workplace Policy, mulai dari sexual harassment atau pelecehan seksual tidak boleh ada, SARA, dan sebagainya itu tidak boleh ada di lingkungan kita sehingga harus dipahami dan dilaksanakan," katanya.

Ilustrasi Bank BTN

Photo :
  • Dok. BTN

Menurut Eko, agar tercipta lingkungan kerja yang nyaman, maka pihaknya mengajak seluruh karyawan untuk saling mendukung dalam memberikan pemikiran dan bertingkah laku positif. ”Teman-teman bisa menyebarkan semangat dan spirit saling menyemangati. Karena kita keluarga, ayo saling menyemangati dan membuat keluarga besar BTN jadi keluarga besar yang kompak dan harmonis," tegasnya.

BTN, tambah Eko, juga berkomitmen untuk terus memperhatikan kesejahteraan dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental para karyawan. “Dengan mengadakan acara seperti Mental Health Talk, BTN berusaha menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mendukung, di mana karyawan dapat merasa nyaman dan produktif,” katanya.

“Upaya ini mencerminkan perhatian Bank BTN terhadap kesejahteraan karyawan sebagai aset berharga dalam mencapai kesuksesan bersama,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya