Melemah Pagi Ini, Rupiah Berpotensi Perkasa Dipicu Imbal Obligasi AS

Uang kertas rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Rabu pagi, 25 September 2023. Rupiah terpantau melemah sebesar 2 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp 15.866 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.864 per dolar AS.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.869 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpeluang menguat terhadap dolar AS pada hari ini. Hal itu seiring dengan menurunnya tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS, yang mana tenor 10 tahun masih tertekan di area 4,81 persen.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Ilustrasi hegemoni dolar AS

Photo :
  • vstory

Ilustrasi hegemoni dolar AS

Photo :
Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
"Selain itu, kekhawatiran pelaku pasar yang sedikit mereda terkait perang Israel-Hamas yang masih berlangsung. Karena pelaku pasar belum melihat konflik ini meluas, membantu pelaku pasar masuk lagi ke aset berisiko dan mendorong pelemahan dolar AS," ujar Ariston kepada VIVA Rabu, 25 Oktober 2023.

Di sisi lain, jelas Ariston, pelaku pasar masih harus mewaspadai kembali menguatnya dolar AS. Sebab, berdasarkan data ekonomi AS terbaru menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur dan sektor jasa AS bulan Oktober berekspansi atau bertumbuh.

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

“Ini menunjukkan kondisi ekonomi AS cukup solid dan meningkatkan peluang Bank Sentral AS mempertahankan suku bunga tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama," jelasnya.

Menurutnya, ekspektasi suku bunga tinggi AS itu mendorong penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya. Pun, pagi ini indeks dolar AS sudah naik lagi keatas 106 setelah kemarin bergerak di kisaran 105.

Adapun potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini ke arah Rp 15.830-Rp 15.800. Sedangkan potensi pelemahan ke area Rp 15.900.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya