Harga Cabai Mahal, Produsen Bumbu Pecel di Jombang Justru Banjir Pesanan

Produsen bumbu peecel.
Sumber :
  • Uki Rama/VIVA.

Jombang – Mahalnya harga cabai rawit merah yang mencapai angka Rp70 ribu per kilogramnya, menjadikan berkah tersendiri bagi produsen bumbu pecel kemasan yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Sebab, meski keuntungan dari hasil penjualan bumbu pecel kemasan mengalami penurunan, justru pemesaan bumbu pecel kemasan mengalami kenaikan di pasar.

Produsen bumbu pecel kemasan asal Desa Dukuh Klopo, Kecamatan Peterongan Miani (38) mengatakan, semula ia kebingungan karena harga cabai rawit dan cabai merah keriting besar mengalami kenaikan. Apalagi, dalam sekali produksi dia membutuhkan 3 hingga 5 kilogram cabai rawit maupun cabe merah keriting besar.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

"Ya kesulitan, karena harga cabe ini mengalami kenaikan. Padahal buat bikin bumbu pecel kemasan ini membutuhkan cabe rawit dan cabe merah keriting besar," kata Miani, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Bumbu pecel khas Madiun

Photo :
  • Cookpad/indy Hindiyah
Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Di balik harga cabai yang mahal. Penjualan bumbu pecel kemasan miliknya justru semakin laris manis. Karena warga enggan membuat bumbu pecel sendiri dan memilih membeli bumbu pecel jadi karena harga cabai yang mahal.

"Memang harga cabainya naik tapi pemesanan makin banyak. Karena orang orang suka beli bumbu langsung pakai, kalau cabenya kan mahal dan ribet juga masaknya," ujar Miani.

Bahkan di tengah harga cabe yang mahal, ia mengaku mendapatkan berkah. Karena pesanan bumbu pecel kemasan mengalami kenaikan, hingga dua kali lipat. Dia pun memastikan tetap konsisten menjaga komposisi bumbu meski berimbas pada keuntungan yang sedikit.

"Pesanan meningkatnya dua kali lipat, pesanannya makin banyak. Cabainya tetap, tidak dikurangi pedasnya. Tapi memang untungnya sedikit, tapi banyak yang nambah pesanannya, jadi masih untung," tutur Miani.

Ia mengaku harga cabai saat ini semakin mahal. Namun harga bumbu pecel kemasan masih dibandrol dengan harga yang murah dan terjangkau. Ia mengatakan, penjualan bumbu pecel kemasan ini menyebar hingga ke luar Jombang. Omzet yang di hasilkan hingga jutaan rupiah per bulannya.

Produsen bumbu peecel.

Photo :
  • Uki Rama/VIVA.

"Sekarang harga cabainya naik dua kali lipat. Sekarang Rp75 ribu (per kilogram) kemarin-kemarin nya masih Rp35 ribu. Kalau bumbu pecel ini perbungkusnya Rp9 ribu hingga Rp10 ribu. Ini (bumbu pecel kemasan), dijual ke Jombang, Mojokerto, hingga Jakarta dan Surabaya. Omzetnya Rp7 juta rupiah per bulannya," ujarnya.

Sementara itu, salah satu konsumen bumbu pecel kemasan Ismahani Putri (26 tahun) mengaku sengaja membeli bumbu pecel kemasan karena lebih praktis dan sebagai solusi mengatasi mahalnya harga cabai.

"Ini beli bumbu pecel, ini kan cabai lagi mahal, ya buat antisipasi lah," kata Putrim 

Ia menjelaskan kenaikan harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting besar sungguh di luar nalar. Karena naiknya secara tiba-tiba. Membeli bumbu pecel jadi dianggap sebagai solusi di tengah harga cabai mahal. 

"Kemarin itu masih Rp35 ribu sekarang jadi Rp70 ribu, saya lebih memilih yang instan saja, yang jadi maksudnya biar tidak ribet-ribet masak dan cabainya juga sekarang mahal. Jadi lebih hemat beli bumbu pecel saja," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya