Penerbangan Pertama Rute Kertajati-Denpasar Usai Pindah dari Bandara Husein

Gedung Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) Airnav, Bandara Soetta
Sumber :
  • VIVAnews / Sherly (Tangerang)

Tangerang – Penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara, resmi dipindahkan untuk pelayanan komersil, Minggu, 29 Oktober 2023. Adanya hal ini, seluruh penerbangan dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati.

Polres Majalengka Berhasil Tangkap Pengedar Sabu di Tol Cipali

Berdasarkan data yang diterima, mulai hari ini Bandara Kertajati melayani 24 pergerakan pesawat baik itu take off dan landing, untuk penerbangan domestik serta internasional. Di mana secara perdana, pengoperasian Bandara Kertajati untuk komersil ditandai dengan penerbangan menuju Denpasar, Bali yang mengangkut penumpang sebanyak 122 orang menggunakan maskapai Air Asia. Sementara, pelayanan ini juga ditandai dengan kedatangan rute Denpasar-Kertajati sebanyak 130 penumpang dengan maskapai Super Air Jet.

Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana B. Pramesti mengatakan, bila pihaknya telah menyiapkan berbagai aspek yang dibutuhkan dalam peralihan dari sisi pelayanan navigasi penerbangan, terkait infrastruktur, peralatan, SDM, dan prosedur penerbangan.

Aksesibilitas dari dan ke Bandara BIJB Kertajati semakin dipermudah oleh pemerintah, karena konektivitas antar moda yang sudah disiapkan, sehingga para penumpang yang ingin terbang melalui Bandara ini akan diuntungkan dengan akses yang lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"AirNav Indonesia siap mendukung penuh peralihan dan pelayanan navigasi pesawat jet
dari Bandara Husein Bandung ke Bandara BIJB Kertajati. Kami juga mendukung, kebijakan Pemerintah Pusat untuk dapat meningkatkan utilitas Bandara BIJB serta ikut memajukan perekonomian wilayah Majalengka dan sekitarnya, terlebih penerbangan haji dan internasional sudah dilayani di Bandara ini," katanya.

Petugas memantau kedatangan pesawat udara dari menara Pemandu Lalu Lintas Udara (ATC) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 19 Januari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

Adapun rute-rute penerbangan dalam negeri yang akan dilayani dari dan ke Bandara BIJB antara lain Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

"Selain rute-rute dalam negeri, Bandara BIJB Kertajati juga melayani rute penerbangan ke luar negeri dengan tujuan Kuala Lumpur dan telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023," ujarnya.

Untuk penerbangan internasional, frekuensi 2 kali per minggu, dan akan menjadi 4 kali per minggu mulai November 2023. Dimulai 29 Oktober 2023, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, akan melayani penerbangan pesawat jet niaga berjadwal dalam negeri, angkutan niaga berjadwal luar negeri, angkutan niaga tidak berjadwal dalam negeri dan luar negeri, serta angkutan bukan niaga dalam negeri dan luar negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya