Makin Banyak UMKM Promosi Digital Pakai Video, Ini Buktinya

Ilustrasi UMKM.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – Platform media sosial video pendek di Indonesia, SnackVideo, menegaskan komitmennya untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan masyarakat Indonesia di berbagai bidang. Salah satu caranya adalah dengan membuka peluang terciptanya kolaborasi dengan individu, komunitas, dan dunia usaha, termasuk UMKM.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia mengatakan, kolaborasi dengan UMKM ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata SnackVideo untuk meningkatkan jumlah wirausahawan atau pelaku UMKM di Indonesia.

“SnackVideo dapat menjadi platform video pendek yang tepat untuk mempromosikan bisnis mereka, karena ada 43 juta pengguna aktif bulanan SnackVideo yang tersebar di seluruh Indonesia, yang didominasi oleh generasi millenial dan Gen-Z. Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di SnackVideo dalam implementasi marketing campaign yang sukses sehingga penjualan produknya dapat meningkat,” ungkap Dina dikutip dari keterangannya, Senin, 30 Oktober 2023.

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

SnackVideo.

Photo :
  • SnackVideo

Salah satu bentuk kolaborasi yang telah dilakukan oleh SnackVideo dengan pemangku kepentingan UMKM adalah kolaborasi SnackVideo dengan SMESCO Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia untuk pelaksanaan Indonesia Digital MeetUp 2023. Ajang yang telah berlangsung pada 5—6 Oktober 2023 lalu di SMESCO Indonesia Exhibition & Convention Hall, Jakarta, ini diikuti oleh lebih dari 3.000 calon pelaku serta pelaku UMKM.

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, saat ini pemerintah sedang mendorong terjadinya kolaborasi yang kuat antara pemangku kepentingan UMKM dengan penyedia platform digital. Digitalisasi UMKM merupakan salah satu cara penting agar UMKM bisa naik kelas atau scale up.

“Pemanfaatan SnackVideo dalam strategi digital marketing diharapkan dapat memberi dorongan bagi para pelaku UMKM untuk segera melakukan digitalisasi agar bisnis mereka dapat naik kelas,” ungkapnya.

SnackVideo mencatat, pada kuarrtal III-2023, terjadi peningkatan jumlah UMKM yang mempromosikan produknya di SnackVideo sebesar 135 persen. Selain karena karakteristik konten video pendek di SnackVideo yang relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, tim dari SnackVideo juga akan membantu dalam implementasi strategi promosi dan marketing.

“Saat ada pelaku UMKM yang ingin mempromosikan bisnisnya di SnackVideo, tim kami akan membantu agar strategi promosi bisa tepat sasaran. Misalnya, dengan membantu memilihkan para pengguna SnackVideo dengan demografi yang paling tepat untuk UMKM yang menjadi klien kami, di antaranya adalah usia, jenis kelamin, dan geografi,” jelas Dina. 

Manfaat mempromosikan produk lewat SnackVideo dalam bentuk video pendek telah dirasakan oleh banyak pelaku UMKM. Salah satunya dirasakan PT Erhanesia Digima Mukitama dari kategori herbal dan medicine.

Platform SnackVideo.

Photo :
  • Gizbot

Herry Nugraha dari PT Erhanesia Digima Mukitama (Erdigma) menyatakan bahwa ada berbagai keuntungan yang telah mereka dapatkan selama melakukan promosi lewat SnackVideo. “Dengan promosi menggunakan konten video pendek di SnackVideo, kami bisa menjangkau pasar potensial dari seluruh pelosok Indonesia secara efektif dengan biaya yang relatif terjangkau,” ujarnya.

“Selain itu, tim dari SnackVideo secara rutin memberikan update tentang program promosi dari Erdigma, sehingga kami memiliki data untuk menjadi acuan untuk strategi promosi yang tepat. Tim dari SnackVideo juga dengan cepat akan merespons jika kami butuh bantuan terkait strategi promosi yang kami lakukan,” ungkapnya,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya