Jelang Piala Dunia U-17, Okupansi Hotel di Surabaya Tembus 80 Persen

Ilustrasi hotel.
Sumber :
  • Pexels

Surabaya – Piala Dunia U-17 tak lama lagi akan digelar. Salah satu stadion yang akan dijadikan tempat pertandingan ialah Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur. Karena itu, tempat penginapan seperti hotel pun mendapatkan berkah berkat kompetisi bergengsi tingkat dunia itu.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

"(okupansi) sekitar 80 persen rata-rata okupansi hotel di Surabaya, ini karena jelang Piala Dunia U-17 2023," kata Ketua Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Jawa Timur (BPD PHRI Jatim) Dwi Cahyono kepada VIVA Jatim, dikutip Kamis, 9 Oktober 2023.

Dia mengakui, tingkat keterisian hunian meningkat karena menjelang Piala Dunia U-17. Jika di hari-hari biasa, okupansi hotel di Surabaya sekitar 50 sampai 60 persen.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Ilustrasi hotel murah.

Photo :
  • Halomoney.

"Naik 20 persen dari rata-rata harian, terus mendekati Piala Dunia ini sudah 80 persen," ujar Dwi Cahyono.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Tidak hanya di Kota Surabaya. Bahkan, lanjut dia, okupansi hotel di Kota Pudak itu meningkat hingga 85 persen. Itu terjadi karena lokasi GBT lebih dekat ke Kota Gresik daripada Surabaya. Para tamu yang ingin menyaksikan Piala Dunia U-17 lebih dekat bila menginap di Gresik.

Dwi menambahkan, okupansi hunian kamar hotel sudah terasa meningkat sejak pekan lalu. Karena itu, dia memperkirakan tingkat hunian akan meningkat lagi dan puncaknya pada H+2 pembukaan Piala Dunia U-17 di GBT Surabaya. Pembukaan dijadwalkan digelar di GBT pada Jumat, 10 November 2023.

Ilustrasi pelayanan hotel

Photo :
  • VIVA.co.id/ Bobby Andalan/ Bali

Berdasarkan data dihimpun, Dwi memaparkan kebanyakan tamu yang memenuhi kamar hotel di Surabaya Raya ialah wisatawan lokal, baik dari Jawa maupun luar Jawa. Mereka rata-rata tinggal 2 sampai 3 hari. Sementara tamu WNA jumlahnya tak begitu signifikan.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-17 akan dibuka 12 menit sebelum pertandingan Indonesia versus Ekuador di GBT Surabaya. Selain Indonesia dan Ekuador, di Grup A juga akan bertanding Panama dan Maroko. Keempat tim itu semuanya akan bertanding di GBT Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya