Ada Boikot Produk Pro Israel, Asosiasi Prediksi Transaksi di Pasar Modern Bisa Merosot 50 Persen

Minimarket mulai singkirkan produk pro Israel.
Sumber :
  • Andrew Tito/VIVA.

Jakarta – Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI) memperkirakan, aksi boikot produk Israel maupun yang terafiliasi bakal menggerus transaksi di pasar modern hingga 50 persen.

Hamas Sambut Baik Keputusan Kolombia Putus Hubungan Diplomatik dengan Israel

Sekretaris Jenderal AP3MI Uswati Leman Sudi mengatakan, hal itu terjadi karena mayoritas barang yang diboikot merupakan produk pareto.

"Pengurangan penjualan produk pareto biasanya dari isu yang kecil dan berkembang. Mungkin transaksi di pasar hilir bisa berkurang sampai 50 persen, dan target ekonomi pemerintah akan sulit tercapai," ujar Uswati di Epicentrum Walk, Rabu, 15 November 2023.

Ngamuk, Milisi Islam Irak Gempur Tentara Israel di Dataran Tinggi Golan

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI) Uswati Leman Sudi

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Sebagai informasi, produk pareto merupakan barang yang berkontribusi hingga 80 persen dari produksi di pasar, dengan kontribusi ke transaksi sebesar 20 persen. Secara umum produk pareto adalah produk konsumer seperti shampo, susu balita, dan minuman ringan.

Kolombia Bakal Putus Diplomatik dengan Israel: Presidennya Lakukan Genosida

Dia melanjutkan, dampak aksi boikot itu saat ini belum terlihat. Dikarenakan aksi tersebut baru berjalan kurang dari sepekan. Kendati demikian, dampak tersebut diprediksi akan merambat hingga ke pabrikan.

Menurutnya, dampak buruknya akan terjadi pengurangan tenaga kerja di sektor manufaktur alias Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Kami berharap aksi boikot jangan terlalu lama. Kami menanti pemerintah hadir untuk bisa mengatakan dampak boikot ini agar tidak gamang," jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy N. Mandey mengungkapkan, adanya aksi boikot terhadap produk Israel selama sepekan ini diperkirakan menurunkan belanja masyarakat di toko-toko retail sebesar 3 persen hingga 4 persen.

Roy mengatakan, dengan adanya aksi boikot produk Israel ini, pihaknya kini tengah melakukan komunikasi bersama para anggota yang mulai merasakan dampak. Tetapi untuk data pasti mengenai dampak boikot belum dapat dipastikan lebih lanjut.

"Kalau masih angka kira-kira pendekatan yang secara umum sekitar 3 persen hingga 4 persen penurunan konsumsi belanja masyarakat. Untuk daerah-daerah tertentu belum seluruh daerah," ujar Roy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya