Baru 600 Ribu Barel per Hari, SKK Migas Ungkap Strategi Kejar Target Lifting Migas 2023

Wilayah Kerja (WK) Migas Blok Pangkah. (ilustrasi produksi atau hulu migas)
Sumber :
  • PGN/Pertamina

Jakarta - Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf mengatakan, sampai saat ini capaian lifting migas nasional masih berada di kisaran 600 ribu barel per hari. Padahal, lifting migas tahun 2023 ditargetkan mencapai 660 ribu barel per hari untuk minyak, dan 1.100 ribu barel setara minyak per hari untuk gas.

Kuartal I-2024, Laba Bersih Energi Mega Persada Naik Jadi US$17,6 Juta

Sementara di tahun 2024, Nanang mengatakan bahwa lifting minyak ditargetkan bisa mencapai hingga 635 ribu barel per hari.

"Per hari ini produksi kita masih di sekitar 600 ribu. Jadi memang upaya kita sampai mencapai di akhir tahun 31 Desember itu paling tidak harus mendekati target tahun depan," kata Nanang di kantor SKK Migas, Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Gula Mahal, Satgas Pangan Pelototi Distribusi Produsen di Jawa Timur

Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Dia pun mengakui bahwa ada ketertinggalan sekitar 20-30 ribu barel per hari, dari target yang telah ditetapkan di tahun 2023 ini. "Tahun ini kan gap-nya sudah 20-30 ribu," ujarnya.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

Karenanya, Nanang memastikan bahwa SKK Migas dan Kontraktor KKKS sudah berupaya semaksimal mungkin dalam mengejar target, dimana salah satu upayanya yakni dengan memaksimalkan proyek Jambaran Tiung Biru.

Proyek tersebut diperkirakan memproduksi raw gas sebesar 315 MMSCFD dan kondensat 2.700 bcpd. Selain itu, masih ada potensi tambahan produksi hingga 20 MMSCFD, sehingga terdapat peningkatan produksi penjualan sales gas dari 172 MMSCFD menjadi 192 MMSCFD.

"Saat ini kita lagi menyelesaikan beberapa proyek seperti Jambaran Tiung Biru. Walaupun itu proyeknya gas, tapi juga memberikan hasil kondensat," kata Nanang.

Selain itu, Nanang memastikan bahwa SKK Migas juga mulai mengoptimalkan lapangan-lapangan migas yang juga memberikan tambahan kondensat. Hal itu seiring upaya lain seperti misalnya upaya-upaya pengeboran ke arah produksi, serta pemboran development atau infill.

"Itu semuanya terus kita lakukan, karena target kita ini sampai akhir tahun inginnya bisa mencapai sekitar 900 sumur, ya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya