Asyik! Tol Cinere-Jagorawi Selesai Dibangun, Depok ke Soetta Kini Bisa Lebih Cepat

Pembangunan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), telah menyelesaikan seluruh ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Tol Cijago merupakan bagian dari Jaringan Tol Lingkar Dalam Kota dan Lingkar Luar atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yang diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah. Hal itu guna mendukung pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, serta untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas khususnya di Kota Depok.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol dilakukan, untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, dan juga kenyamanan dalam perjalanan.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar," kata Menteri Basuki dalam keterangannya pada Sabtu, 18 November 2023.

Diketahui, dengan selesainya konstruksi Tol Cijago Seksi 3 B, maka seluruh ruas Tol Cinere-Jagorawi telah tersambung. Sehingga, diharapkan hal itu dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Pembangunan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Dimana, di dalamnya telah ada Jaringan Tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional, dan JORR-2 yang sudah terhubung pada beberapa ruas tol.

Jalan Tol Cijago menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), yang berpotongan pada Junction Cimanggis dan Tol Cimanggis-Cibitung untuk di sisi Timur.

Selanjutnya, di barat terhubung dengan Tol Cinere-Jagorawi menuju ke Blok M ataupun Sawangan (Jalan Tol Depok–Antasari yang berpotongan pada Junction Krukut), serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Tol Serpong-Kunciran, dan Tol Kunciran-Bandara Soekarno Hatta. 

Selain untuk memangkas waktu tempuh berkendara yang semakin lebih cepat, kehadiran Tol Cijago juga menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas. Khususnya dari Kota Depok yang menuju Bandara Soekarno Hatta, tanpa harus melalui Tol Dalam Kota Jakarta atau mengarah ke Bogor karena langsung terhubung dengan Tol Jagorawi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya