Waskita Karya Kejar Target Restrukturisasi Rampung Akhir 2023

Gedung Waskita Karya
Sumber :
  • Dok. Waskita

Jakarta – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menargetkan untuk menyelesaikan proses restrukturisasi pada akhir tahun 2023. Hal itu seiring dengan diberikannya sejumlah dukungan oleh Pemerintah, pada upaya-upaya penyehatan Waskita.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Dukungan tersebut misalnya melalui Penyertaan Modal Negara (PMN), serta dukungan konstruksi untuk penyelesaian sejumlah pekerjaan seperti misalnya pada ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Kayu Agung-Kapal Betung, dan Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

"Saat ini perseroan sudah kembali kepada core business-nya sebagai kontraktor murni," kata Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita, dalam keterangannya, Senin, 20 November 2023.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3, yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Dia memastikan, perseroan juga sangat selektif dalam memilih proyek baru, terutama dalam hal kepastian pembayaran. Terdapat uang muka dan skema pembayaran monthly payment, serta telah melalui Komite Manajemen Risiko Konstruksi.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Sehingga proyek-proyek yang didapatkan oleh Waskita dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu, serta memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan.

"Saat ini Waskita dipercaya untuk mengerjakan lebih dari 90 proyek yang sedang berjalan dan tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di dalamnya 8 proyek IKN dengan NKB sampai dengan bulan Oktober sebesar Rp 12 triliun sebagai sumber EBITDA baru," ujar Ermy.

Dia memastikan, sampai dengan saat ini Waskita masih terus konsisten menjalankan langkah-langkah strategis, dalam upaya melanjutkan program transformasi bisnis melalui 8 stream penyehatan keuangan. Seluruh upaya yang dilakukan oleh perseroan dipastikan demi memperbaiki kinerja keuangan, dan performa perusahaan secara menyeluruh.

Kantor PT Waskita Karya Tbk.

Photo :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

Seiring dengan proses restrukturisasi yang dilakukan Waskita sejak awal tahun sampai saat ini, perseroan terus melakukan diskusi intensif. Yakni terkait proses review secara komprehensif terhadap Master Restructuring Agreement (MRA), dengan seluruh kreditur perbankan. Termasuk upaya restrukturisasi terhadap para pemegang obligasi, melalui Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) yang akan digelar pada akhir November 2023.

"Saat ini, seluruh perbankan Himbara dan sebagian perbankan swasta telah menyetujui skema restrukturisasi Waskita yang mewakili sekitar 80 persen dari nominal outstanding utang. Perseroan juga berharap Pemegang Obligasi dapat menyetujui skema MRA tersebut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya