Divestasi Saham Vale Indonesia, Wamen Tiko: Kita Maunya Diskon

PT Vale Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya masih terus berupaya agar bisa memperoleh harga yang murah, dalam hal pengambilalihan 14 persen saham PT Vale Indonesia Tbk.

Transaksi Aplikasi Kopra Bank Mandiri Capai Rp4.800 Triliun, Pengguna Naik 2 Kali Lipat

Karenanya, pria yang karib disapa Tiko itu mengaku, sampai saat ini proses valuasi terkait penentuan harga saham dalam proses divestasi Vale itu masih terus dilakukan.

"Sekarang tinggal proses valuasi. Karena kita kan maunya diskon," kata Tiko di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis, 23 November 2023.

Astra International Tebar Dividen 2023 Rp 21,01 Triliun, Intip Jadwalnya

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko

Photo :
  • VIVA/Yudha Prasetya

Pihak MIND ID sendiri dikabarkan sudah menyiapkan dana mencapai sebesar Rp 700 triliun, guna membeli 14 persen saham Vale Indonesia yang bakal didivestasikan tersebut. Namun saat dikonfirmasi, Tiko sendiri mengaku belum bisa memastikan apakah besaran dana yang telah dipersiapkan oleh MIND ID tersebut akan mencukupi atau tidak untuk membayarnya.

Holding UMi Tak Terpengaruh Kenaikan Suku Bunga BI, BRI Ungkap Alasannya

Dia hanya memastikan bahwa Kementerian BUMN akan menjamin komitmen hilirisasi di Vale Indonesia, supaya bisa terus berjalan khususnya pasca-proses pengalihan saham dilakukan.

"Belum tau (harganya). Nanti kita akan bentuk joint operation dan kita kontrol bersama cari yang optimal, supaya hilirisasi berjalan," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, meskipun sudah ada kesepakatan bahwa divestasi saham PT Vale Indonesia senilai 14 persen kepada MIND ID, namun kepastian soal harganya sampai saat ini memang masih dalam tahap negosiasi. Karenanya, Erick pun menegaskan kepada pemegang saham PT Vale Indonesia, untuk bisa memberikan harga divestasi saham semurah-murahnya. 

Tambang nikel PT. Vale Indonesia Tbk di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan

Photo :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

"Kita masih negosiasi (harga sahamnya). Karena kita maunya negosiasi sampai ke harga semurah-murahnya," kata Erick di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa, 21 November 2023.

Namun, apabila nantinya Vale tidak juga memberikan harga saham yang murah dalam divestasi tersebut, Erick pun mengancam akan melakukan relinquish atau penciutan lahan tambang Vale Indonesia.

"Enggak bisa (kalau Vale minta harga premium). Kalau begitu kita akan relinquish sebagian (lahan tambang) punya mereka yang enggak sesuai komitmen," ujar Erick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya