Penjualan Rumah di AS Menurun, Rupiah Menguat ke Rp 15.474/US$

Petugas menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat sebesar 20 poin atau 0,13 persen ke posisi Rp 15.474 per dolar AS pada perdagangan Selasa pagi, 28 November 2023. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.527 per dolar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi menguat pada hari ini. Hal itu seiring dengan ekspektasi suku bunga acuan AS yang tidak akan dinaikkan lagi.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

"Semalam data penjualan rumah baru AS bulan Oktober mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya, -5,6 persen. Penurunan kemungkinan karena suku bunga KPR yang meninggi," kata Ariston, Selasa, 28 November 2023.

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/xb100
Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Ia melanjutkan, kondisi ini akan memperkuat ekspektasi pasar soal suku bunga the Fed. Adapun indeks dolar AS terlihat semakin menurun. Dia menuturkan, indeks bergerak di kisaran 103,15, dari sebelumnya di kisaran 103,40.

"Di sisi lain, perekonomian Indonesia yang stabil membantu memberikan sentimen positif ke rupiah," jelasnya. 

Ariston memperkirakan, mata uang rupiah terhadap dolar AS hari ini berpotensi menguat di sekitar Rp 15.430. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 15.520.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya