Presiden Jokowi Ungkap Sudah Ada 22 Negara yang Batasi Ekspor Pangan

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
Sumber :
  • Kemnaker

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengungkapkan, saat ini ada sudah 22 negara yang membatasi ekspor pangan. Hal itu dilakukan untuk melindungi ketahanan pangan di negaranya masing-masing akibat pemanasan global.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Adapun hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI), yang diselenggarakan di Kantor Bank Indonesia, Jakarta. 

"Pemanasan global betul-betul kita rasakan, dan akibatnya produksi pangan kita sedikit menurun. Dan 22 negara membatasi ekspor pangan, dadakan lagi," kata Jokowi pada Rabu, 29 November 2023. 

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Kepala Negara mengatakan, pembatasan ekspor 22 negara itu dilakukan secara tiba-tiba. Namun, jelas mantan Gubernur DKI Jakarta ini, posisi Indonesia harus disyukuri. 

"Dulu yang namanya impor beras semua negara menawarkan. ‘Saya punya stok’, ‘saya punya stok’, sekarang 22 negara stop ekspor dan membatasi ekspor pangan," ujarnya. 

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

"Tapi apapun, alhamdulillah dan patut kita syukuri, Indonesia masih tetap tumbuh dan stabil. Pertumbuhan ekonomi kita tahu semuanya tadi sudah disampaikan Gubernur di kisaran 5 persen," ujarnya. 

Selain itu, Jokowi juga menyoroti perang yang terjadi beberapa waktu terakhir. Sebab adanya perang akan mengganggu mulai dari rantai pasok global, harga pangan yang melambung, hingga harga energi. 

"Perang yang ada harus sama-sama kita antisipasi. Karena kalau sudah yang namanya perang ini ganggunya ke mana mana," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya