KSPSI Minta Pemerintah Mendengar: Harga Kebutuhan Naik, Sangat Wajar Buruh Tuntut Upah Layak!

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea meminta Pemerintah mendengar aspirasi buruh dalam aksi besar-besaran di kota-kota industri di seluruh Indonesia. Aksi ini dilakukan untuk memastikan para gubernur tidak menetapkan kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) berbeda dari yang telah direkomendasikan Bupati atau Wali Kota yaitu sebesar 15 persen. 

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Menurutnya, kenaikan upah sangat tidak masuk akal karena ada kabupaten/kota yang naik hanya belasan ribu rupiah.

“Sedangkan harga kebutuhan pokok saat ini sudah naik dan kebutuhan tempat tinggal juga naik. Jadi, sangat wajar buruh menuntut upah lebih layak," kata Andi Gani kepada wartawan dikutip Jumat, 1 Desember 2023.

42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

Beberapa titik yang menjadi sasaran aksi besar buruh di antaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan beberapa wilayah industri lainnya.

Tiga Ribu Buruh Tangerang Turun ke Jalan Tuntut UMK 2024

Photo :
  • Sherly (Tangerang)
Kemnaker Imbau Hari Ini Menjadi Hari Terakhir Layanan Posko THR

Dalam aksi besar-besaran kali ini, Andi Gani yang juga Presiden Konfederasi Buruh ASEAN (ATUC) menginstruksikan ke seluruh jajaran KSPSI untuk dapat menjaga aksi besar ini tetap berlangsung dengan damai dan tertib. 

Menurutnya, formula yang ditetapkan Pemerintah terkait upah dengan menggunakan PP Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sangat merugikan buruh. 

"KSPSI sejak awal menolak penetapan Upah Minimim Provinsi (UMP) menggunakan formula PP Nomor 51 yang kenaikannya kalau dirupiahkan hanya naik sekitar 70 ribu. Ini mencerminkan ketidakadilan kepada buruh, daya beli buruh pastinya akan terus merosot sementara harga kebutuhan pokok naiknya sangat signifikan," ungkapnya. 

Untuk itu, Andi Gani memastikan buruh akan terus melakukan aksi besar-besaran berkelanjutan menuntut agar keputusan upah berpihak kepada buruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya