Gandeng OceanX, RI Bakal Dongkrak Potensi Kelautan RI

Menko Marves Ad Interim, Erick Thohir
Sumber :
  • Dok. Kemenko Maritim dan Investasi.

Jakarta Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan OceanX, guna meningkatkan potensi kelautan di Indonesia. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim, Erick Thohir saat menyambut delegasi dalam acara Indonesia Night di OceanXplorer Research Vessel, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis, 30 November 2023.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Erick mengatakan, OceanX merupakan inisiatif eksplorasi laut yang didirikan Mark Dalio dan Ray Dalio, yang merupakan salah satu pendiri Bridgewater Associates.

"Pemerintah Indonesia dan OceanX telah sepakat melakukan eksplorasi bersama pada tahun depan di Indonesia," kata Erick dalam keterangannya, Jumat, 1 Desember 2023. 

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Ilustrasi laut.

Photo :
  • www.pixabay.com/theseasodeep0

Erick menyebut eksplorasi ini akan mencakup banyak topik. Antara lain seperti keanekaragaman hayati laut, karbon biru, penilaian stok ikan, pemetaan gempa, dan eksplorasi laut dalam. Dia pun mengaku optimis bahwa nantinya eksplorasi ini akan dapat membuka potensi kelautan Indonesia.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Selain itu, kerja sama dengan OceanX juga fokus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya laut. Hal itu antara lain dilakukan dengan pengiriman sejumlah pelajar, untuk mengikuti Program OceanX Young Explorer.

"Kami mengirim 15 siswa dari Azores ke Malta untuk mengikuti Program OceanX Young Explorer. Kami juga mengadakan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)," ujar Erick. 

Untuk memperkuat kerja sama ini, Erick juga mengajak pihak-pihak lain agar terlibat dalam eksplorasi laut Indonesia tersebut. Hal itu tak lain adalah demi mengungkap potensi laut Indonesia yang belum tergali hingga saat ini.

Erick menyampaikan, Indonesia mempunyai strategi konkret untuk berkembang melalui industrialisasi, dekarbonisasi, interkoneksi, digitalisasi, dan distribusi ekonomi. Terutama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dan adil.

"Dengan strategi tersebut, kami yakin dapat menjadi negara berpendapatan tinggi dan salah satu dari lima perekonomian teratas di dunia pada 2045. Oleh sebab itu, kami mengundang seluruh mitra untuk menjadi bagian dari perjalanan kami mencapai visi 2045 yakni Indonesia Emas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya