Puluhan Terminal Ilegal Kerap Muncul di Musim Liburan, Begini Sikap BPTJ

Suasana di salah satu terminal bus. (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

Jakarta – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengungkapkan sejumlah terminal ilegal kerap muncul di momentum tingginya pergerakan masyarakat saat hari raya dan hari libur nasional .

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Direktur Angkutan BPTJ, Tatan Rustandi mengatakan, hal itu diperkirakan juga akan terjadi di momentum libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023-2024) kali ini.

Dia menjelaskan, setidaknya ada 74 terminal ilegal yang kerap berdiri di wilayah Jabodetabek, selain 9 terminal legal yang sudah ada di wilayah tersebut. Bahkan pada momentum Nataru kali ini, Tatan memprediksi bahwa jumlahnya bisa lebih banyak lagi.

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

"Khusus Jabodetabek, memang kita ada 9 terminal, tetapi juga ada terminal yang bukan (terminal resmi) ya," kata Tatan dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

Direktur Angkutan BPTJ, Tatan Rustandi

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

"Karena kalau sudah Nataru atau lebaran, banyak terminal yang sebenarnya kategorinya itu ilegal, bukan terminal," ujarnya.

Dia menjelaskan, umumnya terminal-terminal ilegal itu berdiri di titik-titik pos keberangkatan P.O. bus, yang mangkal di suatu titik untuk melayani para calon penumpangnya. Meski demikian, Tatan mengaku bahwa pihaknya belum akan memberikan tindakan khusus lebih lanjut, atas keberadaan terminal-terminal ilegal tersebut.

Dia mengatakan, sampai saat ini pihaknya hanya berupaya untuk memberikan sosialisasi tentang keselamatan perjalanan, kepada para supir bus dan calon penumpang di terminal-terminal yang dianggap ilegal tersebut.

"Sementara kami tidak melakukan tindakan (kepada terminal-terminal ilegal), tapi aspek keselamatan kita perhatikan. Karena untuk mendekati penumpang supaya lebih dekat ke area-area pool dan agen, itu setidaknya ada 74 terminal (ilegal di sekitar Jabodetabek)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya