KA Feeder Whoosh Tabrak Mobil di Bandung, KCIC Buka Suara

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Jakarta – Kereta Api (KA) Feeder dari Kereta Cepat Whoosh, tertemper minibus di perlintasan sebidang tanpa palang pintu. Kejadian itu terjadi di Kampung Sumur Bor, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, pada Kamis, 14 Desember 2023 sekitar pukul 13.00 WIB.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Merespons kejadian tersebut, Corporate Secretary PT KCIC, Eva Khairunnisa, menyampaikan permohonan maaf pihaknya atas kejadian tersebut, yang telah menimbulkan ketidaknyamanan pada 214 penumpangnya.

"KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan 214 penumpang KA Feeder Kereta Cepat tujuan Padalarang, yang perjalanannya terganggu akibat adanya mobil yang menabrak KA Feeder tujuan Bandung di petak jalan antara Padalarang dan Cimahi sekitar pukul 13.00," kata Eva dalam keterangannya, Kamis, 14 Desember 2023.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh diresmikan Presiden Jokowi.

Photo :
  • Dok KCJB

Dampak dari kejadian tersebut membuat KA Feeder yang dijadwalkan tiba di Stasiun Padalarang pukul 13.01 WIB, mengalami keterlambatan. Hal itu karena KA Feeder harus menunggu di Stasiun Cimahi, untuk memastikan jalur kembali aman.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

"Pukul 13.33 WIB proses evakuasi mobil selesai, dan KA Feeder kembali diberangkatkan dari Stasiun Cimahi pukul 13.42 WIB. Selanjutnya tiba di Stasiun Padalarang sekitar pukul 13.55 WIB," ujar Eva.

Imbauan KAI soal patuhi aturan perlintasan kereta api.

Photo :
  • Dokumentasi KAI.

Sementara untuk layanan pada 214 penumpang Kereta Cepat Whoosh yang sebelumnya menggunakan KA G1232 keberangkatan Padalarang pukul 13.19 WIB itu, mereka pun akhirnya dialihkan ke perjalanan KA selanjutnya. Yakni menggunakan KA G1234, dengan keberangkatan dari Padalarang pada pukul 14.17 WIB.

Eva memastikan, seluruh penanganan penumpang dapat terlayani dengan baik dan lancar. Guna memberikan kenyamanan saat menunggu jadwal perjalanan kereta cepat selanjutnya, Eva mengatakan bahwa para penumpang itu sudah diberikan service recovery berupa makanan dan minuman.

Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

"KCIC akan terus berkoordinasi dengan KAI untuk menghadirkan layanan Kereta Cepat Whoosh dan KA feeder yang terintegrasi dengan bai," ujarnya.

Diketahui, akibat tertemper KA Feeder Kereta Cepat Whoosh tersebut, mobil minibus berwarna abu-abu dengan nomor polisi D 1859 AJY itu terseret hingga sejauh 500 meter. Mobil tersebut mengalami penyok di bagian kanan, karena tertabrak KA feeder yang melaju dari arah Padalarang menuju Bandung. Sementara, mobil minibus tersebut melaju dari arah Ngamprah menuju Cimareme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya