Gandeng Anak Usaha MRT, Perumnas Kembangkan Proyek Hunian dan Kawasan TOD

Ilustrasi maket Perumnas.
Sumber :

Jakarta – Perum Perumnas berkomitmen untuk menggejot berbagai inovasi demi mengatasi masalah backlog perumahan, antara lain melalui pengembangan hunian high rise dengan konsep transit-oriented di wilayah Jabodetabek.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro mengatakan, hunian high rise dapat menjadi solusi bagi kebutuhan hunian di kota, yang kepadatan penduduknya sangat tinggi.

"Maka dari itu, hunian berkonsep TOD yang diinsiasi Perumnas, sudah sepatutnya menjadi tren pembangunan hunian secara berkelanjutan di kota besar," kata Budi dalam keterangannya, dikutip Sabtu,16 Desember 2023.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Dia menambahkan, Perumnas akan terus aktif melakukan pengembangan hunian di kota besar, termasuk salah satunya menjajaki kerja sama dengan berbagai instansi dan stakeholder terkait.

Rumah cluster terjangkau dan subsidi yang ditawarkan Perumnas.

Photo :
  • Dok. Perumnas
Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Setelah sebelumnya berkolaborasi dengan berbagai instansi BUMN dalam pembangunan hunian berkonsep TOD, kali ini Perumnas menjalin kerja sama dengan anak usaha PT MRT yakni PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ). Kerja sama itu dijalin dalam upaya mengembangkan kawasan berorientasi transit dan sekitarnya.

"Adanya kolaborasi yang terjalin, bertujuan untuk menciptakan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terfokus pada kota-kota besar," ujarnya.

Penandatanganan kerja sama kedua instansi dilakukan oleh Direktur Pemasaran Perum Perumnas, Imelda Alini Pohan, dan Direktur Utama ITJ, Yulham Ferdiansyah Roestam. Imelda memastikan, kerja sama yang dijalin dengan PT ITJ itu akan terfokus ke beberapa hal.

Ilustrasi kereta MRT.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Namun, utamanya adalah dalam bentuk aktivasi ruang, baik ruang terbuka hijau, area komersial berupa pop up store, maupun aktivasi ruang yang kaitannya dengan optimalisasi lahan, dan aset idle, serta inventori Perumnas lainnya yang dapat dikerjasamakan melalui skema kemitraan revenue ataupun profit sharing.

"Sebagai pilot project pada kerja sama ini, Perumnas dan PT ITJ akan fokus dalam mengembangkan ruang terbuka hijau di Apartemen Samesta Mahata, Tanjung Barat, dan tidak menutup kemungkinan dilanjutkannya kolaborasi yang sama di hunian Perumnas lainnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya