Mensesneg Pratikno Kenang Sering Tanya Kuntoro Mangkusubroto saat Penelitian

Jenazah Mantan Menteri Energi dan Pertambangan RI, Kuntoro Mangkusubroto saat tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin prosesi pemakaman Menteri Pertambangan dan Energi periode 1998--1999 Kuntoro Mangkusubroto di Taman Malam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

MK Tolak Dalil AMIN soal Instruksi Pratikno ke Pj Kepala Daerah Agar Tegak Lurus ke Jokowi

"Saya Pratikno Mensesneg RI atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional RI dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Kuntoro Mangkusubroto," kata Pratikno dalam pernyataannya sebagai Inspektur Upacara pemakaman almarhum di Blok Z Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu, 17 Desember 2023.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin prosesi pemakaman Menteri Pertambangan dan Energi periode 1998--1999 Kuntoro Mangkusubroto di TMP Kalibata

Photo :
  • Antara
Pertemuan Presiden Jokowi dengan Paus Fransiskus Tengah Dibahas Kemenlu, Menurut Mensesneg

Pratikno pun mengenang almarhum Kuntoro Mangkusubroto sebagai sosok akademisi sekaligus praktisi pemerintahan di Indonesia yang banyak memiliki jasa bagi bangsa dan negara.

"Beliau adalah seorang akademisi sekaligus praktisi pemerintahan yang luar biasa," kata Praktikno usai menjadi Inspektur Upacara

Kata Pratikno soal Dititipkan Jokowi untuk Masuk Kabinet Prabowo: Enggak Lah

Pratikto Banyak Bertanya ke Almarhum

Pratikno yang kala itu masih berprofesi sebagai seorang peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) banyak bertanya kepada Kuntoro Mangkusubroto seputar kiprahnya memimpin Badan Pelaksana Badan Rehabilitasi Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias yang bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias pasca-tsunami 26 Desember 2004.

Selain itu, berbagai penelitian Pratikno yang berkaitan dengan pemerintahan juga banyak mengadopsi kesaksian almarhum selama menjabat sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada Kabinet Indonesia Bersatu II tahun 2009.

UKP4 merupakan lembaga adhoc yang dibentuk Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan tugas-tugas khusus untuk memastikan kelancaran pemenuhan program kerja kabinet.

UKP4 berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Dalam melaksanakan tugasnya, UKP4 dibantu serta berkoordinasi dengan kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah daerah (pemda), dan pihak lain yang terkait, dalam menjalankan tugasnya.

"Saya waktu itu sebagai peneliti. Kami banyak bertanya kepada beliau pengalaman beliau mengurus BRR dan UKP4, termasuk pertama kali saya masuk ke kabinet, saya banyak minta saran beliau," katanya.

Angkat Staf Khusus yang Dulunya Adalah Stafnya Almarhum Kuntoro

Mantan Menteri Pertambangan dan Energi Kuntoro Mangkusubroto.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar

Pratikno juga mempercayakan posisi staf khususnya kepada mantan staf khusus almarhum Kuntoro Mangkusubroto untuk memperkuat kinerja Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) saat ini.

"Termasuk beberapa staf khusus saya dari staf beliau juga. Sebab almarhum sangat kuat akademiknya, dan sense untuk implementasinya juga sangat kuat," katanya

Untuk diketahui, jenazah mantan Menteri Pertambangan dan Energi itu tiba di pintu masuk TMP Kalibata sekitar pukul 12.39 WIB diantar menggunakan mobil jenazah Komando Garnisun Tetap Jakarta beserta sejumlah prajurit TNI.

​​​​​​Sebelumnya, jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka kawasan Pancoran, Jakarta Selatan dan dishalatkan di Masjid Jami At-Taubah dekat rumah duka.

Mantan Dirut PLN

Gedung PLN Pusat.

Photo :
  • Dok. PLN.

​​​​​Kuntoro juga Mantan Direktur Utama PT PLN Persero pada 2000-2001 meninggal dunia sekitar pukul 01.03 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta karena sakit.

Almarhum yang meraih Bintang Jasa Mahaputera Adipradana itu meninggalkan seorang istri dan lima anak laki-laki. Alumni Institut Teknologi Bandung dan Stanford University, Amerika Serikat, itu pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana - Badan Rehabilitasi Rekonstruksi Aceh-Nias yang bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias pascatsunami 26 Desember 2004.  

Kemudian ia ditunjuk sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada Kabinet Indonesia Bersatu II di 2009.

Turut hadir dalam prosesi pemakaman tersebut keluarga besar beserta kolega almarhum, serta Menteri ESDM periode 2016--2019 Ignasius Jonan. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya