Intip Perubahan Jalur Pelayaran di Pelabuhan Merak dan Ciwandan Selama Libur Nataru

Pelabuhan Penyeberangan Merak
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Banten – Mulai Jumat dini hari, 22 Desember pukul 00.00 WIB, hingga Sabtu, 23 Desember 2023, diprediksi bakal terjadi puncak libur natal 2023. PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak akan mengoperasikan 32 unit kapal berukuran besar, untuk mengangkut penumpang menyeberangi Selat Sunda.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Kemudian Jumat dini hari ini juga, 22 Desember 2023, mulai pukul 00.00 wib, kendaraan besar golongan VIII dan IX akan diangkut melalui Ciwandan menuju Bakauheni, Lampung.

"Kemudian terkait dengan kapal, itu informasi dari BPTD maka akan diberikan kapal yang besar dan sekitar

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

32 unit kapal untuk di Merak dan mulai jam 00.00 WIB, kita juga buka lintasan Ciwandan-Bakauheni, itu khusus truk gol VIII dan IX," ujar Suharto, GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Kamis malam, 21 Desember 2023.

Para pemudik yang mengendarai sepeda motor memadati Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, pada Selasa malam, 18 April 2023.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama
Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Kebijakan perubahan jalur pelayaran dari Pelabuhan Ciwandan menuju Bakeuheni untuk kendaraan golongan VIII dan IX, mulai berlaku Jumat dini hari, 22 Desember 2023 pukul 00.00 WIB, hingga 03 Januari 2024.

Perpindahan penyebrangan sementara dilakukan untuk mendahulukan kendaraan pribadi, penumpang umum dan kendaraan kecil melalui Pelabuhan Merak.

"Berdasarkan surat dari Dirjen Hubdat itu sampai tanggal 3 Januari, pembelian tiket tetap masih pakai sistem online, jadi kami berpesan kepada masyarakat yang akan menyebrang agar membeli tiket jauh-jauh hari, minimal satu hari sebelum berangkat, dan pastikan dalam pembelian tiket semua data penumpang yang ada di kendaraan," jelasnya.

Antrean kendaraan pemudik di pelabuhan Merak Banten

Photo :
  • Yandi Deslatama (Serang)

Pelabuhan Merak akan mengoperasikan tujuh dermaga yang dimilikinya selama libur natal 2023 dan tahun baru 2024 atau momen nataru. Sebanyak enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif.

"Kapasitas di Dermaga 2 yang kemarin hanya bisa untuk kapal di bawah 5 ribu GT, sekarang sudah di atas 10 ribu GT, (kapal) sudah bisa disandarkan di Dermaga 2," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya