KAI Gerak Cepat Evakuasi Penumpang Tabrakan Adu Banteng Kereta Api di Cicalengka

Dua Kereta api tabrakan di Cicalengka.
Sumber :
  • Tangkapan layar video.

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero), buka suara perihal peristiwa kecelakaan Kereta Api (KKA), antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya. Kecelakaan itu terjadi di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur, Stasiun Cicalengka, pada Jumat, 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Executive Vice President (EVP) of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, menjelaskan saat ini jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui. Mengingat kecelakaan tersebut menutupi seluruh badan rel.

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut," kata Raden dalam keterangannya, Jumat, 5 Januari 2024.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Dia menambahkan, upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api, dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

"KAI menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat kejadian tersebut," ujar Raden.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Selain itu, Raden memastikan bahwa KAI juga akan langsung menggandeng pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), guna melakukan investigasi terkait penyebab kecelakaan tersebut.

"KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT, untuk mengetahui penyebab kecelakaan," ujarnya.

Diketahui, kecelakaan kereta api terjadi di wilayah Cicalengka pada Jumat pagi, 5 Januari 2024. Dua kereta yakni kereta api Turangga dengan kereta lokal Commuter Line bertabrakan, di petak Jalan Haurpugur-Cicalengka.

Dari sejumlah informasi yang dihimpun, kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 06.03 WIB, dimana kedua kereta tersebut bertabrakan dengan posisi adu banteng. Dalam video yang diterima Viva, kecelakaan tersebut mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada bagian depan gerbong kereta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya