Korban Tewas Kecelakaan Kereta di Cicalengka Bertambah 4 Orang

Kecelakaan Kereta Api KA Turangga Vs Commuterline Bandung Raya di Cicalengka
Sumber :
  • Ist

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengungkapkan, dari kecelakaan kereta api (KA) antara Commuterline Bandung Raya dengan KA Turangga, hingga kini tidak ada korban jiwa yang menimpa penumpang.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji menyampaikan, dari total penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Commuterline sebanyak 191 penumpang, ada sekitar 22 penumpang yang luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit terdekat, untuk mendapat perawatan.

"Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan," ujar Raden dalam keterangannya Jumat, 5 Januari 2024.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Jawa Barat

Photo :
  • (Foto AP/Abdan Syakura)

Raden merincikan, untuk korban yang mengalami luka ringan diantaranya 18 orang di RSUD Cicalengka, dua orang di RS Edelweis, dan dua orang di RS AMC.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Raden menuturkan, pihaknya juga sangat berduka dan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya empat petugas KA, terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Pramugara dan Security.

Sedangkan untuk para penumpang yang selamat dan telah dievakuasi jelasnya, langsung dibawa ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang KAI sediakan.

"Saat ini, seluruh tim kami beserta pihak-pihak terkait seperti TNI/Polri, Basarnas, DJKA Kemenhub, KNKT, dan pihak-pihak lain sedang melakukan upaya penanganan kecelakaan kedua kereta tersebut," terangnya.

Untuk mengatasi perjalanan sejumlah rangkaian KA lainnya yang akan melintas di jalur tersebut, KAI tengah melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

Sebelumnya, sebanyak 28 penumpang mengalami luka-luka dan tiga korban tewas dalam kecelakaan kereta api KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya KRD Lokal Padalarang-Cicalengkadi km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka pada Jumat, 5 Januari 2024, pukul 06.03 Wib.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan korban luka-luka sudah dievakuasi ke rumah sakit di Cicalengka dan beberapa puskesmas di sekitar TKP. 

Sementara korban tewas berjumlah tiga orang, dua diantaranya berhasil dievakuasi, dan satu korban lainnya belum berhasil dievakuasi dari gerbong lokomotif.

Ibrahim menyebutkan identitas 3 korban tewas adalah masinis KA KRD Lokal Padalarang- Cicalengka atas nama Julian Dwi Setiono. Kemudian, asisten masinis bernama Ponisan, dan pramugara KA Turangga atas nama Andrian (22).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya