Penumpang Kereta Cepat Whoosh Kini Bisa 'Titip' Kendaraan di Stasiun

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh diresmikan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Dok KCJB

Jakarta – PT KCIC siap melayani para penumpang Kereta Cepat Whoosh yang akan menitipkan kendaraannya di stasiun, apabila mereka ingin bepergian Jakarta-Bandung PP ataupun sebaliknya.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Guna mengakomodir kebutuhan tersebut, General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya telah menyediakan fasilitas park and ride yang aman dan nyaman bagi penumpang di Stasiun Kereta Cepat.

"Sekitar 48 persen penumpang kereta cepat Whoosh adalah masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jakarta atau Bandung. Maka diperlukan fasilitas Park and Ride yang nyaman, agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum," kata Eva dalam keterangannya, Selasa, 9 Januari 2024.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

KCIC menyediakan fasilitas Park and Ride di Stasiun Kereta Cepat Halim dengan kapasitas 212 mobil, dan di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dengan kapasitas mencapai 107 mobil dan 220 motor.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

"Kemudian untuk fasilitas Park and Ride di Stasiun Bandung dan Padalarang, juga telah tersedia di area parkir Stasiun milik KAI," ujarnya.

Selain berdasarkan jam, Eva menjelaskan bahwa layanan parkir yang disediakan KCIC di Stasiun Kereta Cepat juga mengakomodir fasilitas menginap.

"Untuk kemudahan transaksi dan mendukung gerakan non-tunai, pembayaran parkir di kedua stasiun kereta cepat tersebut seluruhnya sudah menggunakan Kartu Uang Elektronik," kata Eva.

Dia menjelaskan, KCIC bersama operator pengelola jasa parkir juga sudah menempatkan petugas dan fasilitas keamanan, yang senantiasa menjaga kendaraan penumpang. Sehingga, penumpang tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan dan menitipkan mobil di area parkir stasiun Kereta Cepat.

"Bepergian Jakarta-Bandung dalam 1 hari dan beralih dari penggunaan transportasi pribadi ke umum, merupakan hal-hal yang terus KCIC dukung melalui kehadiran Whoosh beserta fasilitas-fasiltas pendukungnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya