Jokowi Naikkan Anggaran Inpres Jalan Daerah 2024 Jadi Rp 15 Triliun

Jokowi tinjau perbaikan jalan Solo-Purwodadi.
Sumber :
  • Antara.

SoloPresiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana akan meninjau ruas Jalan Surakarta-Gemolong (Sragen)-Purwodadi di Desa Ngandul, Kabupaten Sragen hari ini. Sebab, jalan tersebut bagian dari penanganan jalan daerah sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah tahun 2023.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

"Saya ingin melihat selesainya seluruh ruas jalan yang kita kerjakan dengan Inpres jalan daerah (IJD), yang totalnya di seluruh Tanah Air Indonesia itu Rp14,6 triliun total 2023," kata Jokowi.

Menurut dia, anggaran biaya yang dialokasikan untuk memperbaiki sekitar 40 ruas jalan di Jawa Tengah sebesar Rp1,3 triliun. Sedangkan, kata dia, Kabupaten Sragen diberikan anggaran sebesar Rp204 miliar untuk membangun tiga ruas jalan.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Jokowi tinjau pembangunan Inpres jalan di Sragen, Jawa Tengah.

Photo :
  • Antara.

Ruas Jalan Surakarta-Purwodadi ini, kata Jokowi, merupakan ruas jalan yang memiliki tingkat kerusakan paling berat. Karena, lanjut dia, sifat tanah yang dinamis sehingga sering menimbulkan kerusakan.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

“Kita membangun ini dengan biaya jauh lebih besar Jalan Solo-Purwodadi memakai rigid beton, biayanya besar. Kita harapkan ini lebih awet daripada kita aspal lagi," ujarnya.

Selanjutnya, Jokowi mengatakan pemerintah telah menganggarkan sebesar Rp15 triliun untuk Inpres Jalan Daerah tahun 2024. Akan tetapi, realisasi kebijakan tersebut masih dalam proses perencanaan.

Presiden Jokowi saat Groundbreaking sejumlah proyek di IKN Nusantara

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

"Tahun 2024, akan ada Inpres jalan daerah lagi sebesar Rp15 triliun nanti untuk Sragen berapa masih dalam perencanaan, untuk Jawa Tengah berapa, semuanya masih jalan proses perencanaannya," ungkapnya.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi didampingi Ibu Iriana, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya