Ramai soal Pinjol Uang Kuliah ITB, Danacita: Kami Selalu Menjunjung Transparansi

Direktur Utama Danacita, Aifonsus Wibowo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – PT Inclusive Finance Group atau Danacita menjelaskan, terkait pembayaran uang kuliah mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Danacita menyatakan, pendanaan yang diberikan kepada mahasiswa 100 persen disalurkan ke rekening kampus. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Direktur Utama Danacita, Aifonsus Wibowo mengatakan, bila nantinya mahasiswa yang mendapatkan pembiayaan dari Danacita, 100 persen digunakan untuk pendidikan. 

"Kami juga memastikan bahwa 100 persen pendanaan disalurkan langsung kepada rekening institusi kampus, bukan ke rekening perorangan dari pelajar atau wali. Demi menjamin penggunaan dana hanya untuk kebutuhan pendidikan," ujar Aifonsus dalam media briefing di Hotel Des Indes, Menteng, Jakarta Jumat, 2 Februari 2024. 

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Kampus ITB

Photo :
  • Instagram @institutteknologibandung

Aifonsus menegaskan, Danacita sebagai Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) sudah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

"Sejak berdiri, Danacita senantiasa berkomitmen untuk berkontribusi pada dunia pendidikan terutama dalam memperluas akses pada pendidikan lanjutan bagi masyarakat Indonesia. Dalam praktiknya, kami selalu menjunjung transparansi dan prinsip itikad baik," jelasnya. 

Aifonsus memastikan bahwa setiap pendanaan disesuaikan dengan kemampuan penerima dana. Dalam hal ini mengutamakan kesejahteraan keuangan penerima dana, yaitu pelajar atau wali, dalam jangka panjang. 

Melansir, media sosial X alias Twitter, akun @itbfess membagikan postingan foto berupa selebaran brosur berupa, program cicilan kuliah bulanan di ITB. Pada selebaran tertulis bahwa Danacita merupakan mitra resmi ITB.

Juga tertulis bahwa tersedia opsi cicilan 6 atau 12 bulan. Pada brosur itu juga tertulis bahwa proses pengajuan pinjaman tanpa DP dan jaminan.

"Anjaaaay, disuruh pinjol sama itb! Kami segenap civitas akademik ITB mengucapkan 'SELAMAT MEMBAYAR CICILAN BESERTA BUNGANYA'," tulis akun itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya