Produk UMKM Berbahan Pelepah Pisang Ini Tembus Pasar Internasional

Anyaman pelepah pisang.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – UMKM produsen anyaman CV Nikmat Sentausa memanfaatkan pelepah pisang lokal sebagai bahan baku olahan anyaman yang dijualnya. Produk anyaman tersebut pun laris manis hingga ke pasar global, salah satunya Italia.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Pemilik CV Nikmat Sentausa, Hendri Sugiaji mengatakan bahwa dirinya telah menjalin kerjasama bisnis dengan berbagai mitra di Italia. 

“Para buyer dari Italia memberikan order kemasan botol minuman anggur dari anyaman pelepah pisang. Selain estetika, anyaman ini berfungsi untuk menahan benturan saat pengiriman dan memberikan aroma wangi yang khas,” ujar Hendri dikutip dari keterangannya, Minggu, 4 Februari 2024.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Hendri menambahkan ekspansi bisnis yang dilakukan salah satunya didukung oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). Yang, telah banyak membantunya dalam menjalankan bisnis ekspornya melaluui program BNI Xpora.

Gedung BNI

Photo :
  • BNI
Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

"Bersama BNI, usaha ekspor saya berhasil. Tidak hanya kredit, BNI banyak memudahkan saya untuk berbagai transaksi keuangan baik di dalam maupun luar negeri," ujar Hendri.  

Melihat hal tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea memberikan apresiasi terhadap langkah BNI dalam mendukung UMKM Go Global.  

"Banyak sekali UMKM termasuk UMKM di Tangerang yang memproduksi barang yang unik dan bernilai tinggi sehingga layak untuk dipasarkan di luar negeri. Terima kasih kepada BNI atas dukungannya bagi UMKM sehingga bisa melakukan ekspor melalui program BNI Xpora," ujar Marinus.

Ilustrasi Bisnis UMKM.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Marinus juga mengatakan bahwa upaya BNI dalam mewujudkan semakin UMKM yang Go Global menjadi modal penting dalam membangun perekonomian rakyat.

"Tidak hanya UMKM-nya saja yang maju, tetapi turut menggerakan perekonomian salah satunya membuka lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat setempat," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya