Bangun Perusahaan EV Joint Venture, VKTR dan Indomobil Teken Kemitraan Strategis

Kerja sama VKTR dan Indomobil.
Sumber :
  • Dokumentasi VKTR.

Jakarta – PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) dan anak usaha Indomobil, yakni PT IMG Sejahtera Langgeng, meneken perjanjian pendirian perusahaan joint venture bersama, guna meningkatkan inovasi dan mempercepat adopsi kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Direktur Utama VKTR, Gilarsi W Setijono mengatakan, kemitraan strategis ini merupakan kolaborasi kedua perusahaan berpengalaman di bidang otomotif, guna memperluas jangkauan dan meningkatkan penetrasi teknologi EV di pasar otomotif Indonesia.

"Dengan penandatanganan ini, VKTR dan Indomobil menegaskan komitmen mereka untuk menghadirkan solusi transportasi yang ramah lingkungan, serta mempercepat transisi menuju mobilitas berkelanjutan," kata Gilarsi dalam keterangannya, Selasa, 20 Februari 2024.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Dia menjelaskan, melalui pendirian perusahaan joint venture tersebut, kedua perusahaan akan fokus pada pengembangan dan peningkatan kendaraan listrik untuk berbagai kebutuhan, termasuk kendaraan penumpang dan komersial.

Kerja sama VKTR dan Indomobil.

Photo :
  • Dokumentasi VKTR.
Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Namun, Indomobil hanya akan menyoroti aspek kemitraan yang berkaitan dengan EV. Langkah ini diambil untuk memastikan fleksibilitas dan ekspansi yang lebih luas dalam kerja sama di masa depan, yang mungkin meliputi sektor kendaraan penumpang dan komersial. Selain itu, kerja sama ini juga merupakan komitmen kedua perusahaan dalam mendukung pemerintah mencapai target Net Zero Emissions 2060.

"Kami berbangga dan berbahagia dapat berkolaborasi dengan Indomobil, dalam mendorong percepatan adopsi kendaraan listrik di Indonesia yang terus tumbuh," ujarnya.

Senada, Direktur Pengembangan Bisnis Indomobil Group, Andrew Nasuri mengatakan, dengan portfolio, jaringan, serta pengalaman Indomobil dalam industri otomotif di Indonesia selama hampir 50 tahun, pihaknya bahagia dapat berkolaborasi dengan VKTR sebagai pionir dari industri kendaraan listrik komersil di Indonesia

"Kami berharap kolaborasi ini dapat mendukung peningkatan adopsi kendaraan listrik di Indonesia," kata Andrew.

Komisaris Utama VKTR, Anindya N Bakrie.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Dalam penandatanganan ini, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk akan mempersembahkan portofolio teknologi dan pengetahuan yang luas dalam bidang kendaraan listrik.

"Sementara Indomobil akan membawa pengalaman yang kaya dalam industri otomotif serta jaringan distribusi yang mapan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya