Zulhas Minta Jajarannya Fokus Jaga Harga Pangan Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Perdagangan (MendagZulkifli Hasan alias Zulhas, meminta jajarannya untuk fokus menjaga harga komoditas pangan, utamanya jelang momentum Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dalam beberapa waktu ke depan.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Hal itu diutarakannya, saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2024 yang disiarkan secara live di YouTube Kementerian Perdagangan.

"Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan puasa dan Lebaran. Oleh karena itu, saya minta tetap kita fokus konsentrasi, karena ini memerlukan perhatian khusus dari saudara-saudara sekalian," kata Zulhas, Selasa, 20 Februari 2024.

Prabowo Gelar Halal Bihalal Bareng 1.000 Pegawai Kemhan, Begini Pesannya

Gedung kementerian Perdagangan

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Dia meyakini, dengan berkaca dari momentum serupa beberapa tahun terakhir, Kemendag pun akan mampu melewati momentum penting bagi masyarakat Indonesia secara nasional itu dengan lancar. Hal seperti saat dirinya baru menjabat sebagai Menteri Perdagangan beberapa tahun lalu, dimana kala itu harga minyak goreng sangat tinggi. Namun dalam rentang waktu sebulan, harga minyak goreng sudah bisa terkendali.

Zulhas Sebut Eko Patrio Pantas Menteri, Gerindra: Kami Senang-senang Saja

"Kita sudah pernah melewati fase-fase yang berat. Kita waktu itu juga menghadapi persiapan Lebaran, lancar, tidak ada masalah. Kita menghadapi Nataru juga lancar, tidak ada masalah," ujar Zulhas.

Terlebih, lanjut Zulhas, kinerja ekonomi nasional saat ini terbilang positif dan perlu dipertahankan. Dimana pada Januari 2024 lalu, neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus 45 bulan beruntun senilai US$ 2,02 miliar.

"Sekali lagi saya berpesan dalam rapat kerja ini, kita akan lanjutkan. Artinya, yang bagus-bagus kita teruskan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya