Peluncuran Satelit Merah Putih 2 Dilindungi Asuransi Jasindo, Simak Rinciannya

Peluncuran Satelit Merah Putih 2.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo, telah memberikan perlindungan asuransi terhadap Satelit Merah Putih 2 milik anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero), yakni Telkomsat.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Direktur Utama Jasindo, Andy Samuel menjelaskan, Jasindo yang menjadi risk management partner untuk Telkom Indonesia, akan memberikan perlindungan terhadap risiko yang dapat dibagi menjadi dua kategori utama.

"Keduanya yaitu risiko peluncuran dan risiko pada saat In-Orbit," kata Andy dalam keterangannya, Rabu, 21 Februari 2024.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

PT Asuransi Jasa Indonesia/Asuransi Jasindo.

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Dalam memberikan perlindungan asuransi untuk satelit Telkomsat yang akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT) ini, Andy pun menjelaskan kedua risiko yang dimaksudnya tersebut.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Risiko peluncuran merupakan risiko yang dapat muncul saat sejak mesin menyala sampai satelit terpisah dari final stage of the launch vehicle, atau dapat juga berlanjut sampai selesainya fase testing di orbit.

"Sedangkan risiko saat In-Orbit, merupakan risiko kerusakan fisik satelit selama di orbit atau selama penempatan orbit. Risiko dapat disebabkan oleh obyek di sekitar satelit, temperatur ekstrim, dan radiasi," ujarnya.

Andy menambahkan, kehadiran risiko-risiko tersebut membuat Jasindo memiliki peran penting untuk memberikan pelayanan perlindungan asuransi komprehensif (Launch &In Orbit Insurance). Misalnya seperti Total Loss yang mencakup kerugian atau kerusakan total, Constructive Total Loss yang mencakup kerugian di atas 75 persen dari nilai yang dijamin, dan Partial Loss yang mencakup kerusakan sebagian.

Dia menegaskan, Jasindo telah berpengalaman panjang serta memiliki reputasi yang kuat di industri penerbangan dan satelit. Di mana sejak tahun 1976, Jasindo telah melindungi satelit di Indonesia, mulai dari peluncuran Satelit Palapa A1 hingga peluncuran terbaru Satelit Merah Putih 2.

"Hingga 2024, dengan peluncuran Satelit Merah Putih 2 ini, Jasindo telah memberikan perlindungan asuransi ke puluhan misi satelit di Indonesia," kata Andy.

Peluncuran Satelit Merah Putih 2.

Photo :
  • Istimewa.

Sebagai risk management partner dalam menyediakan perlindungan asuransi untuk Satelit Merah Putih 2, Jasindo tidak hanya memberikan jaminan bagi Telkomsat dan mitra-mitranya. Tetapi juga bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia, dalam meningkatkan pemerataan konektivitas.

"Ini merupakan bukti komitmen Jasindo dalam menyediakan perlindungan asuransi yang dapat diandalkan dan komprehensif untuk industri antariksa yang sedang berkembang di negara ini," ujarnya.

Diketahui, satelit Merah Putih 2 yang baru saja diluncurkan pada 20 Februari 2024 waktu Florida, atau 21 Februari 2024 waktu Indonesia ini, telah dilengkapi dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dan akan memberikan layanan komunikasi yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Selain cakupan untuk risiko peluncuran dan in-orbit, Jasindo juga memiliki dua jaminan penting lainnya:

1. Asuransi Pre-Launch Insurance, menjamin kerugian atau kerusakan satelit atau komponennya sejak keluar dari lokasi pabrik, selama berjalanan ke launch site, through testing, fueling, dan terintegrasi dengan launcher sampai mesin launcher's rocket menyala untuk meluncur.

2. Asuransi Liability Insurance, merupakan asuransi tanggung gugat yang sering kali menjadi persyaratan wajib dari pemerintah di mana tempat peluncuran satelit dilakukan tanpa melihat negara pemilik satelit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya