Strategi Kemenhub Dongkrak Kualitas Layanan Publik di Sektor Perhubungan Laut

Upaya pengelolaan dokumentasi pelayanan publik Kemenhub.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, berkomitmen untuk meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi bagi masyarakat, guna meningkatkan kualitas layanan publik.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Lollan Andy Sutomo Panjaitan menegaskan pentingnya upaya untuk memastikan pelayanan publik dijalankan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kita semua menyadari bahwa pelayanan publik yang berkualitas merupakan bagian integral dari tugas dan tanggung jawab kita dalam mendukung pembangunan sektor perhubungan laut," kata Lollan dalam keterangannya, Rabu, 21 Februari 2024.

Bluebird Hadirkan Layanan Baru, Pakai Toyota Voxy

Guna mengimplementasikan komitmen tersebut, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub pun melaksanakan kegiatan 'Diseminasi Pendokumentasian Pelayanan Publik dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dokumentasi Pelayanan Publik', yang digelar secara hybrid di Jakarta pada 20-23 Februari 2024.

Transportasi Laut Antar Pulau

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Di Universitas Harvard, Dirut BPJS Kesehatan Ungkap Jurus Capai UHC dalam 10 Tahun

Lollan memastikan, hal itu termasuk penggunaan microsite pada portal Hubla, untuk dokumentasi dan publikasi capaian kinerja. Tujuannya adalah untuk meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi bagi masyarakat.

Selain itu, untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, Lollan juga menyoroti peran penting microsite dalam menyebarkan capaian kinerja, seperti misalnya hasil survei kepuasan masyarakat. Hal ini diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi seputar perhubungan laut.

Lollan juga menggarisbawahi pentingnya dokumentasi dalam menilai keberhasilan pelaksanaan layanan publik. Evaluasi atas monitoring pelaporan dokumentasi layanan publik yang dilakukan pada Januari 2024, telah memberikan gambaran yang berharga bagi semua pihak. 

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia / Kemenhub RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

"Kita semua sepakat bahwa layanan publik yang baik adalah bagian penting dari tugas dan tanggung jawab kita dalam memajukan sektor perhubungan laut," ujarnya.

Sebagai informasi, selain Diseminasi Pendokumentasian Pelayanan Publik, Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Bagian Organisasi dan Hubungan Masyarakat juga melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dokumentasi Pelayanan Publik secara bertahap kepada seluruh unit penyelenggara pelayanan publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya