Dibuka Loyo, Rupiah Diproyeksi Balik Perkasa Terdorong Sentimen Ekonomi AS

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Senin pagi, 4 Maret 2024. Tercatat rupiah menguat sebesar 17 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp 15.721 per dolar AS

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp Rp 15.696 per dolar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi menguat terhadap dolar AS. Hal ini karena sentimen positif dari ekonomi AS.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

"Rupiah berpotensi menguat terhadap dolar AS hari ini, karena  berpeluang mendapatkan sentimen positif dari rilis data ekonomi AS yang melemah di Jumat malam pekan lalu," ujar Ariston kepada VIVA Senin, 4 Maret 2024.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Arief menurturkan, data Purchasing Managers' Index (PMI) versi ISM bulan Februari menunjukkan kontraksi yang lebih dalam 47,8 vs 49,1. Serta data survei keyakinan konsumen AS versi Universitas Michigan di Februari menurun ke level 76,9 dari 79,0. 

"Pelemahan data AS di akhir pekan ini menguatkan ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan AS setelah sebelumnya data indikator inflasi AS, PCE Price Index bulan Januari juga menunjukkan penurunan ke kisaran 2,4 persen dari sebelumnya 2,6 persen," jelasnya.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Namun di sisi lain jelas Ariston, persoalan kenaikan inflasi dalam negeri dan isu twin deficit yang memberikan sentimen negatif, bisa menahan penguatan rupiah. 

Adapun potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini ke arah Rp 15.650. Sedangkan potensi pelemahan ke arah Rp 15.730.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya