KAI Tambah 16 Kereta Jarak Jauh di Long Weekend Nyepi dan Awal Ramadan, Catat Rute-rutenya

Ilustrasi kereta api melintas.
Sumber :
  • KAI

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan total sebanyak 1.094 Kereta Api Jarak Jauh atau rata-rata 219 perjalanan KA Jarak Jauh, pada periode long weekend libur Nyepi dan awal bulan Ramadan yang dimulai sejak Jumat, 8 Maret sampai Selasa, 12 Maret 2024.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

"Terdapat penambahan 16 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi, dibanding dengan pekan sebelumnya yaitu Jumat, 1 Maret sampai Selasa, 5 Maret 2024, yang sebanyak 1.078 KA Jarak Jauh," kata Vice President (VP) Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam keterangannya, Sabtu, 9 Maret 2024.

Kereta api di wilayah Daop IV Semarang/Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/ Dwi Royanto.
Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Dia menjelaskan, KA-KA Jarak Jauh yang ditambah perjalanannya yaitu 4 perjalanan KA Manahan (Gambir - Solo Balapan pp), 4 perjalanan KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), dan 4 perjalanan KA Kaligung (Tegal – Semarang Poncol pp).

Selain itu, ada pula 2 perjalanan KA Argo Cheribon (Gambir – Cirebon pp), dan 2 perjalanan KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp).

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut diakui Joni sebagai upaya untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan, pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Maret 2024. Dimana, lanjut Joni, libur panjang ini juga merupakan momen yang spesial bagi umat muslim, yang ingin berkumpul dengan keluarga pada awal bulan Ramadan tahun ini.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini," ujar Joni.

Berdasarkan pantauan pada Sabtu sore, 9 Maret 2024, total tiket KA yang terjual pada Jumat, 8 Maret sampai Sabtu, 9 Maret 2024, yaitu sebanyak 353.214 tiket atau rata-rata 176.607 tiket per hari.

Ilustrasi layanan kereta api Indonesia PT KAI

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Jumlah tiket yang terjual tersebut meningkat 17 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya, dimana pada Jumat, 1 Maret sampai Sabtu, 2 Maret 2024, jumlah tiket yang terjual sebanyak 301.237 tiket.

"Adapun update jumlah tiket yang terjual untuk periode Jumat, 8 Maret sampai Selasa, 12 Maret 2024, adalah sebanyak 599.344 tiket atau 85 persen dari total tiket yang disediakan yang mencapai sebanyak 709.855 tiket," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya