Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN Banjir Keluhan, Ini Respons Penyelenggara

FHCI dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar memastikan, pihaknya bakal mengevaluasi tes bahasa Inggris dalam Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024. Hal itu berkaca dari penyelenggaraan RBB tahun 2023 lalu di mana banyak dari pelamar yang mengeluhkan sulitnya soal-soal tes bahasa Inggris tersebut.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Menurut Alexandra, pihaknya bakal memperhatikan masukan dari peserta-peserta tes tahun lalu sebagai bahan evaluasi, namun dengan tetap menjaga kualitas dari soal-soal tes itu sendiri.

"Untuk bahasa Inggris ini, kita tentu akan melihat kembali (masukan dari peserta). Tapi bukan berarti kita akan menurunkan standarnya," kata Alexandra dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024.

Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Ilustrasi belajar bahasa Inggris

Photo :
  • Pixabay

Dia mengatakan, pihaknya akan menggunakan benchmark atau tolak ukur, karena tes bahasa Inggris merupakan sesuatu yang bersifat umum dan bukan hanya ada di tes RBB saja.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

"Jadi tentunya hal ini akan kita lihat kembali dengan tetap memperhatikan kepentingan dari masing-masing BUMN secara keseluruhan, serta tetap menggunakan benchmark yang ada di luar," ujarnya.

Senada, Sekretaris Jenderal FHCI, Dharma Syahputra memastikan, sebenarnya tes bahasa Inggris itu telah dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan BUMN. Namun, Dia menyebut bahwa pihaknya akan memperhatikan masukan-masukan yang ada terkait hal tersebut.

"Jadi memang tes bahasa Inggris ini kita susun secara spesifik untuk kebutuhan BUMN, karena itu tentu sesuai dengan yang kita butuhkan. Kemudian kita benchmark, kita pakai standar-standar bahasa Inggris yang ada," kata Dharma.

Dengan standar yang cukup tinggi dalam tes bahasa Inggris di Rekrutmen Bersama BUMN ini, Dharma memastikan bahwa Kementerian BUMN pun telah berhasil menjaring talenta-talenta terbaik di Tanah Air.

"Tahun-tahun kemarin kita lihat yang memenuhi standar kelulusan juga cukup banyak. Itu bagusnya jadi men-detect, bahwa talenta-talenta yang masuk di program ini adalah talenta-talenta yang baik, yang bagus," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya