Mengenal Ekses Asuransi dan Cara Menghitung Besarannya, Ketahui Supaya Tidak Salah

Ilustrasi asuransi.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Banyak masyarakat yang belum mengerti tentang apa yang dimaksud dengan ekses asuransi. Namun, pemahaman terhadap ekses asuransi sangatlah penting untuk memastikan nasabah mendapatkan perlindungan asuransi yang optimal. 

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Menurut sumber dari akun Instagram OJK ekses asuransi atau yang dikenal juga sebagai "deductible" merupakan jumlah uang yang harus dibayar oleh nasabah sebelum perusahaan asuransi mulai memberikan penggantian. 

Sebagai contoh, jika seorang nasabah memiliki ekses sebesar Rp1 juta dan mengajukan klaim sebesar Rp5 juta, maka nasabah harus membayar ekses Rp1 juta terlebih dahulu sebelum sisanya ditanggung oleh asuransi senilai Rp4 juta. 

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Ekses asuransi memiliki peran penting dalam mengontrol klaim, membantu nasabah untuk lebih berhati-hati dalam mengajukan klaim, dan menurunkan premi asuransi. Pemilihan ekses yang sesuai dan manajemen keuangan yang bijak adalah kunci dalam kebijakan asuransi yang efektif.

Ilustrasi asuransi.

Photo :
  • Istimewa
Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Sebab, ekses yang terlalu tinggi tentu saja akan membuat beban keuangan bertambah. Namun, ekses yang terlalu rendah tentu akan meningkatkan premi yang harus dibayar. Ekses asuransi juga menjadi bagian penting dari kebijakan asuransi sendiri. Nah, berikut alasan ekses penting. 

1. Mengontrol Klaim
Ekses membuat kamu bisa lebih berhati-hati untuk mengajukan klaim. Jangan sembarangan untuk mengajukan klaim. 

2. Menurunkan Premi
Biasanya, semakin tinggi ekses asuransi, semakin rendah pula premi yang harus dibayarkan. Kamu bisa memilih besaran premi sesuai kemampuan finansial. 

3. Penting untuk Keseimbangan
Ekses asuransi yang terlalu rendah akan membuat premi yang harus dibayar tinggi, sedangkan ekses yang terlalu tinggi akan memberatkan saat mengajukan klaim. Jadi harus dipilih yang seimbang. 

Tips Ekses Asuransi

Asuransi Perjalanan Traveloka.

Photo :
  • Traveloka

1. Evaluasi Risiko
Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat kondisi dompet dan tabungan kamu. Jika ada dana darurat yang cukup, ekses dapat ditingkatkan untuk menurunkan premi. 

2. Bandingkan Penawaran Asuransi
Kamu harus selalu membandingkan penawaran asuransi dari beberapa perusahaan. Kamu bisa melihat ekses, premi, dan manfaat yang ditawarkan. 

3. Perhatikan Jenis Asuransi
Sesuaikan jenis asuransi dengan kebutuhan kamu. Ekses asuransi kesehatan dan ekses asuransi mobil berbeda sehingga kamu harus memahami dengan detail dan jelas. 

4. Pantau Kebijakan Asuransi
Perlu diketahui bahwa hidup itu dinamis. Kondisi keuangan dan kebutuhan bisa saja berubah. Jadi, kamu harus melihat informasi terbaru dengan kebijakan asuransi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya