BPJT Wanti-wanti Operator Jalan Tol Pastikan Ini pada Periode Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi, dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9, Senin, 25 Maret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), mengimbau para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memastikan kesiapan jalan-jalan tol yang mereka kelola jelang mudik Lebaran 2024. 

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menegaskan, para operator jalan tol harus memperhatikan kesiapan infrastruktur hingga sarana dan prasarana jalan tol, guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini.

"Jadi agar dipastikan supaya tidak ada jalan berlubang pada momen mudik Lebaran itu, sekaligus menambah fasilitas umum seperti toilet di rest area dan lain sebagainya," kata Tulus dalam telekonferensi di Dialog Forum Merdeka Barat 9, Senin, 25 Maret 2024.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Dia menjelaskan, penambahan sarana toilet ini menjadi sangat penting, untuk menghindari penumpukan penggunanya di kawasan rest area.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi.

Photo :
  • Istimewa.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Karenanya, Tulus pun meminta agar para pihak BUJT bisa segera menambah toilet portable, untuk dimanfaatkan pada periode mudik tersebut.

Selain itu, lanjut Tulus, pihaknya juga meminta para BUJT untuk menambah jumlah CCTV di jalan tol, demi alasan keselamatan dan keamanan para pemudik. 

"Jadi polisi dan operator juga mudah dalam memantau dan mengambil tindakan, jika sudah ada penumpukan di jalan tol," ujar Tulus. 

Kemacetan di Tol Bali Mandara hingga ruas jalan menuju Bandara Ngurah Rai Bali yang terjadi pada Jumat, 29 Desember 2023.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh.

Selain itu, Tulus juga meminta kepada para pengguna jalan tol, untuk berperilaku tertib saat mudik. Pihaknya pun menghimbau agar pemudik tidak istirahat atau parkir di bahu jalan rest area, dan memperhatikan aspek keselamatan lainnya selama perjalanan mudik maupun arus balik.

"Karena selain alasan keselamatan, hal itu juga bisa memperparah kemacetan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya