Tol Solo-Jogja Segera Dibuka untuk Arus Mudik, Bisa Lewat Gratis Sepanjang 22 Kilometer

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi cek tol fungsional Solo-Jogja
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Jalur tol Solo-Jogja segera dibuka secara fungsional pekan ini untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Pengendara bisa lewat tol yang sedang dalam proses pembangunan itu pada arus mudik Solo-Jogja, dan pada arus balik Jogja-Solo.

Meski begitu, ada batasan-batasan yang harus ditaati oleh pengendara sehingga tidak bisa seleluasa di jalan tol lainnya yang sudah beroperasi normal.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Dirlantas Kombes Pol Sonny Irawan pun mengecek kesiapan jalur Tol Fungsional Solo-Jogja sebelum digunakan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi cek tol fungsional Solo-Jogja

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno
Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Pengecekan dilaksanakan pada Senin, (1/4/24), untuk melihat kondisi jalan, kesiapan pintu gerbang tol, petugas gerbang tol, serta kepadatan kendaraan yang melintas di GT Ngasem

Dalam pengecekan itu kesiapan jalan tol fungsional Solo-Jogja untuk digunakan mencapai 85 persen. Dengan demikian jalur tol tersebut siap digunakan selama arus mudik Lebaran 2024 meski dengan kecepatan terbatas.

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy saat mendampingi Kapolda menjelaskan situasi dan potensi kerawanan di jalur Tol fungsional Solo-Jogja.

"Jalur tol secara fungsional tersedia sepanjang 22 kilometer dari Kartasura sampai Ngawen, Klaten. Dapat dilalui dengan kecepatan terbatas yaitu 40-50 kilometer per jam karena masih dalam tahap konstruksi," jelasnya.

Adapun gerbang tol yang siap difungsikan di GT Ngasem berjumlah 12 Gerbang Tol (GT) dengan rincian 2 GT utama, 6 GT Satelit dan 4 GT Mobile reader. Selama pengecekan, arus kendaraan yang melintas di GT Ngasem terpantau normal dan belum terjadi lonjakan.

"Untuk saat ini kondisi GT tol siap menerima pemudik. Berdasarkan prediksi Kemenhub puncak arus mudik terjadi pada tanggal 6 April. Semoga di waktu yang telah diprediksi tidak ada penumpukan arus mudik dan tradisi mudik tahun ini aman dan lancar," jelasnya.

Sebagai informasi, Jasa Marga akan membuka ruas tol Solo-Jogja secara fungsional untuk melancarkan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Pengendara bisa lewat tol sepanjang 22 kilometer dari GT Ngasem hingga ke Klaten secara gratis. (Teguh Joko Sutrisno/Semarang)

Ribuan Kendaraan Lintasi Tol Cipali saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Sebanyak lebih dari 80 persen responden menyatakan puas atas kinerja polisi lalu lintas dalam menjaga keamanan dan kelancaran dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024