BI Buka-bukaan Alasan Rupiah Melemah Nyaris Tembus Rp 16.000 Per Dolar AS 

Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan hari ini Selasa, 2 April 2024. Rupiah pada pagi ini tercatat bergerak melemah sebesar 67 poin atau 0,42 persen ke level Rp 15.962 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Merespons hal ini, Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Edi Susianto mengakui bahwa rupiah mengalami pelemahan sejak kemarin. 

"Betul, rupiah lumayan agak tertekan dari kemarin," kata Edi saat dihubungi VIVA Selasa, 2 April 2024.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Ilustrasi uang rupiah

Photo :
  • vstory

Edi menjelaskan, pelemahan nilai tukar rupiah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Hal ini karena terdampak dari pelemahan yuan China (CNY) hingga permintaan valas di pasar domestik

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Kelihatannya rupiah banyak terdampak dari pelemahan CNY. Sementara dari domestik ada permintaan USD terkait tepatriasi, dan masih outflow-nya asing di pasar SBN," jelasnya.

Selain itu, Edi menjelaskan rupiah melemah juga disebabkan oleh rilis data inflasi yang masih di atas ekspektasi. Dalam hal ini inflasi RI Pada Maret sebesar 0,52 persen secara month to month (mtm), dan 3,05 persen secara year on year (yoy).

"Rilis data inflasi Indonesia kemarin yang di atas ekspektasi, yang banyak disebabkan oleh volatile food, ikut mendorong pelemahan rupiah," ujarnya.

ilustrasi uang dolar

Photo :
  • vstory

Dengan demikian, Edi menyatakan bahwa Bank Indonesia akan terus masuk ke pasar keuangan. Hal ini guna menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran valas di pasar. 

"BI terus masuk pasar, untuk menjaga agar terdapat keseimbangan supply demand valas di market," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya